PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI SISWA KELAS IV SDN TAMANAN 2 BONDOWOSO
Abstract
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan
data utama dalam penelitian ini. Skor tes kognitif siswa berupa nilai hasil pre-test dan
post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t.
Pengujian hipotesis jika t ≥ t tabel maka H0 ditolak dan jika t < t tabel maka H0
diterima. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh 𝑡𝑡𝑒𝑠𝑡 = 4,355, harga ini
kemudian dibandingkan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 60 pada taraf signifikansi 5%
sehingga diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,00. Diperoleh 𝑡𝑡𝑒𝑠𝑡 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙(4,355 > 2,00), dengan
demikian hipotesis nihil (H0) yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan tentang
penggunaan video animasi terhadap hasil belajar perubahan kenampakan bumi siswa
kelas IV SDN Tamanan 2 Bondowoso ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang
berbunyi ada pengaruh yang signifikan tentang penggunaan video animasi terhadap
hasil belajar perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Tamanan 2 Bondowoso
diterima.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan dalam penggunaan video animasi terhadap hasil belajar
perubahan kenampakan bumi di SDN Tamanan 2 Bondowoso. Video animasi ini
diharapkan dapat dijadikan alternatif media dalam proses pembelajaran untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi tertentu dan untuk memberikan
pengalaman konkret bagi hal yang bersifat abstrak. Selain itu, dapat dilakukan
penelitian yang lebih lanjut tentang penggunaan video animasi dengan menambahkan
variabel penelitian.