• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI SISWA KELAS IV SDN TAMANAN 2 BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Arina Nuri Azmi - 100210204133_1.pdf (585.7Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    Arina Nuri Azmi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes kognitif siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Pengujian hipotesis jika t ≥ t tabel maka H0 ditolak dan jika t < t tabel maka H0 diterima. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh 𝑡𝑡𝑒𝑠𝑡 = 4,355, harga ini kemudian dibandingkan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 60 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,00. Diperoleh 𝑡𝑡𝑒𝑠𝑡 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙(4,355 > 2,00), dengan demikian hipotesis nihil (H0) yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan tentang penggunaan video animasi terhadap hasil belajar perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Tamanan 2 Bondowoso ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan tentang penggunaan video animasi terhadap hasil belajar perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Tamanan 2 Bondowoso diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan video animasi terhadap hasil belajar perubahan kenampakan bumi di SDN Tamanan 2 Bondowoso. Video animasi ini diharapkan dapat dijadikan alternatif media dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi tertentu dan untuk memberikan pengalaman konkret bagi hal yang bersifat abstrak. Selain itu, dapat dilakukan penelitian yang lebih lanjut tentang penggunaan video animasi dengan menambahkan variabel penelitian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58215
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository