ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS SEGMENTASI PASAR KEDELAI EDAMAME (Studi Kasus di PT. Mitratani Dua Tujuh Jember)
Abstract
Analisis bauran pemasaran menunjukkan bahwa indikator produk masuk
kedalam kelas interval yang sangat baik dengan total nilai indeks 4,761, indikator
harga dengan total nilai indeks 3,530 termasuk kedalam kelas interval yang baik,
indikator tempat dengan total nilai indeks 4,128 termasuk dalam kelas interval yang
baik serta indikator promosi yang juga termasuk kedalam kelas interval yang baik
dengan total nilai indeks 3,439. Hasil analisis dari masing-masing faktor akan
digabungkan untuk mengetahui faktor mana yang menjadi prioritas. Didapatkan hasil
bahwa analisis gabungan dari masing-masing faktor, faktor produk mendapat skor
yang paling tinggi yaitu 1,190 dengan total skor keseluruhan sebesar 3,963 yang
berarti bauran pemasaran yang diterapkan sudah baik.
Hasil antara target dengan realisasi penjualan menunjukkan bahwa persentase
(%) rata-rata pencapaiannya sebesar 90,49. Rasio efektivitas apabila diatas rata-rata
maka dapat dikatakan sangat efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa segmentasi
pasar yang dijalankan sudah efektif..
Penentuan strategi peningkatan digunakan untuk menentukan strategi yang
menjadi prioritas untuk peningkatan efektivitas segmen pasar kedelai edamame.
Analisa menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan
menggunakan aplikasi Super Decisions 1.6.0 berupa strategi pengembangan yang
terpilih yakni mempertahankan strategi produk.