• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEMANFAATAN MEDIA ASLI TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup pada Siswa Kelas VIIA di SMP Negeri 2 Maesan Tahun Ajaran 2013-2014)

    Thumbnail
    View/Open
    Ayu Rizky Fajriyanti - 090210103014_1.pdf (67.81Kb)
    Date
    2014-04-23
    Author
    Ayu Rizky Fajriyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode ekperimen dengan memanfaatkan media asli tumbuhan cukup efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa di dalam kelas. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 68,05 dengan standar deviasi 15,63 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 91,32 dan standar deviasi 8,45. Standar deviasi pada siklus I mengalami penurunan. Hal tersebut menandakan data yang diperoleh dari hasil observer cukup representatif, karena besarnya standar deviasi lebih rendah daripada besarnya mean nilai aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif siswa disebabkan oleh beberapa langkahdalam metode eksperimen dengan memanfaatkan media asli tumbuhan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bisa melakukan pengamatan sendiri sehingga dengan melakukan dan menemukan sesuatu dengan sendirinya dapat merangsang siswa dan memberikan daya ingat kepada siswa dalam jangka panjang. Sehingga siswa tidak hanya mendapatkan materi secara verbalistik saja tetapi siswa juga dapat membuktikan kebenaran tentang suatu hal dan dapat meyakini akan kebenaran itu sendiri melalui pengamatan. Peningkatan aktivitas siswa di dalam kelas juga berkaitan dengan proses pembelajaran yang menerapkan metode eksperimen dengan memanfaatkan media benda tumbuhan asli yang dapat melatih siswa dalam menggambar tumbuhan yang diamati, melatih siswa dalam bersosialisasi dengan baik bersama teman kelompoknya, serta berani mengemukakan pendapat baik dalam diskusi kelompok maupun di depan kelas. Dengan demikian, metode eksperimen dengan memanfaatkan media benda asli tumbuhan terbukti memberikan dampak positif dan peningkatan terhadap ketuntasan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa di dalam kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57289
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository