Show simple item record

dc.contributor.authorMoh. Jamalul Lail
dc.date.accessioned2014-03-27T02:41:58Z
dc.date.available2014-03-27T02:41:58Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.nimNIM090210102035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56459
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, tempat penelitian ditentukan dengan metode sampling purposive. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Ambulu Jember. Penentuan responden penelitian ditentukan setelah uji homogenitas. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS V.20 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama. Untuk menjawab rumusan masalah yang kedua digunakan presentase aktivitas belajar siswa. Berdasarkan analisa uji t terhadap hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05. Dapat dikatakan terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (Ha diterima H0 ditolak). Hasil analisis data dari ratarata presentase aktivitas secara klasikal diperoleh rata-rata sebesar 72.22%. Jika mengacu pada tabel prentase aktivitas, maka nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 72.22% termasuk kategori aktif. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN Ambulu Jember yang menggunakan model kooperatif STAD berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung dan aktivitas siswa kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif STAD berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL) tergolong kategori aktif yaitu sebesar 72.22%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102035;
dc.subjectSTAD, Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titleMODEL KOOPERATIF STAD BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record