KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN UNTUK PASIEN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) RAWAT INAP DI RSD dr. SOEBANDI KABUPATEN JEMBER
Abstract
RSD dr. Soebandi Kabupaten Jember merupakan rumah sakit milik
pemerintah yang terbesar di Kabupaten Jember, maka RSD dr. Soebandi
Kabupaten Jember mau tidak mau harus meningkatkan kualitas pelayanannya.
Selain peningkatan kualitas pelayanan teknis medis, peningkatan kualitas
pelayanan yang paling mudah dan murah adalah peningkatan kualitas pelayanan
yang berhubungan dengan emosi pasien. Pelayanan yang diberikan tidak hanya
dengan memberikan fasilitas unggulan saja, melainkan juga pemberdayaan
sumber daya manusia yang optimal, yaitu melalui pelayanan rumah sakit yang
baik. Pelayanan yang dimaksud disini adalah pelayanan yang ramah, sopan,
santun, gesit, terampil dan peduli dengan keluhan pasien dan sebagainya.
Dalam penelitian ini rumusan masalah yang digunakan adalah bagaimana
kualitas pelayanan kesehatan untuk pasien Jamkesmas pada rawat inap di RSD dr.
Soebandi Jember. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kualitas
pelayanan kesehatan untuk pasien Jamkesmas pada rawat inap di RSD dr.
Soebandi Jember.
Analisis data yang dipergunakan oleh penulis yakni menggunakan analisis
ServQual (Service Quality) yaitu dengan menghitung skor harapan dengan
persepsi pemohon. Pengukuran tingkat kualitas pelayanan dalam model analisis
ini didasarkan pada beberapa item yang dirancang untuk mengukur harapan dan
persepsi pelanggan. Kesenjangan antara persepsi dan harapan tersebut dilihat
berdasarksan lima dimensi yaitu: Bukti Langsung (tangibles), Keandalan
(Reliability), Daya tanggap(responsiveness ),Jaminan (Assurance) dan Empati
(Emphaty).
Hasil penelitian yang diperoleh dari perhitungan dengan metode ServQual
diketahui bahwa kualitas pelayanan kesehatan untuk pasien Jamkesmas pada
rawat inap di RSD dr. Soebandi Kabupaten Jember adalah -1484. Hasil tersebut
termasuk gap negatif yang berarti harapan pasien lebih tinggi dibandingkan
dengan realita persepsi yang dirasakan oleh pasien sehingga kualitas pelayanan
kesehatan untuk pasien Jamkesmas pada rawat inap di RSD dr. Soebandi
Kabupaten Jember dikatakan tidak baik.