• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas X-6 Mata Pelajaran Ekonomi sub pokok bahasan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro Semester Genap di MA Negeri Situbondo Tahun Ajaran 2010-2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Iwan Fandarus.pdf (1.147Mb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Iwan Fandarus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Daya Kreativitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di kelas X-6 MA Negeri Situbondo masih rendah dengan skor 35,41 (20% ≤ P < 40%). Selain itu, hasil belajar siswa kelas X-6 pada mata pelajaran Ekonomi juga masih belum memenuhi standar ketuntasan. Untuk itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat menyelesaikannya, sehingga dapat meningkatkan daya kreativitas dan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan daya kreativitas dan hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran berbasis masalah. Metode pembelajaran berbasis masalah memberikan ruang bagi siswa untuk memberikan pemikiran kreatifnya dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya kreativitas siswa dari rendah menjadi tinggi serta hasil belajar siswa secara individu mencapai KKM mata pelajaran Ekonomi dan mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive area, yaitu pada kelas X-6 di MA Negeri Situbondo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan daya kreativitas dan hasil belajar siswa berupa nilai tes pada mata pelajaran Ekonomi sub pokok bahasan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro siswa kelas X-6 MA Negeri Situbondo. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi daya kreativitas belajar dan nilai ulangan harian. Hasil analisis data pada siklus I daya kreativitas siswa termasuk kategori sedang dengan skor 55,10 (40% ≤ P < 60%) dan hasil belajar siswa secara individu, nilai rata-rata siswa sebesar 70,25. Hasil belajar siklus I telah memenuhi KKM yang ditetapkan sebesar ≥70, namun secara klasikal belum memenuhi ketuntasan klasikal karena baru mencapai 67,5%. Pada siklus II, daya kreativitas belajar siswa meningkat menjadi 66,25 termasuk kategori daya kreativitas tinggi (60% ≤ < 80%) dan hasil belajar siswa secara individu dengan nilai rata-rata siswa sebesar 77,37 dan secara klasikal sebesar 77,5%. Hasil siklus II dari kreativitas dan hasil belajar siswa menunjukkan telah mencapai standar yang ditetapkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5419
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository