PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN PANDUAN LKS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN SUMBERJERUK 03 KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) ingin mengetahui bagaimana
proses pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan panduan LKS
dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPA pada siswa
kelas V SDN Sumberjeruk 03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. (2) Ingin
mengetahui bgaimana peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkannya
pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan panduan Lembar Kerja
Siswa (LKS) pada siswa kelas V SDN Sumberjeruk 03 Kecamatan Kalisat
Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberjeruk 03 kelas V yang terdiri
dari 20 siswa, 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.siswa dibagi menjadi 4
kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan
jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2
siklus. Metode pengumpulan data melalui tehnik non tes dan tehnik tes. Tehnik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa tehnik non tes
(observasi/pengamatan), sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes
individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 23 Pebruari sampai dengan
14 Maret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sumberjeruk 03
Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas
siswa, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi
diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran sifat-sifat cahaya
dengan menggunakan metode eksperimen adalah : pada siklus I prosentase hasil
aktivitas siswa dengan kriteria aktif sebesar 5 % ; siklus II sebesar 50 %. Dari
hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 10 % siswa dengan kriteria hasil
belajar kurang, 35 % dengan kriteria hasil belajar cukup. Berdasarkan hasil
tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal
adalah 90 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran IPA realistic pokok
sifat-sifat cahaya dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang
siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk
meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.