Show simple item record

dc.contributor.authorEKA ALSETYA DINAWATI
dc.date.accessioned2013-12-05T06:28:55Z
dc.date.available2013-12-05T06:28:55Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210274073
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4866
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah : (1) ingin mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan panduan LKS dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Sumberjeruk 03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. (2) Ingin mengetahui bgaimana peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan panduan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada siswa kelas V SDN Sumberjeruk 03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberjeruk 03 kelas V yang terdiri dari 20 siswa, 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui tehnik non tes dan tehnik tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa tehnik non tes (observasi/pengamatan), sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 23 Pebruari sampai dengan 14 Maret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sumberjeruk 03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode eksperimen adalah : pada siklus I prosentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria aktif sebesar 5 % ; siklus II sebesar 50 %. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 10 % siswa dengan kriteria hasil belajar kurang, 35 % dengan kriteria hasil belajar cukup. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 90 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran IPA realistic pokok sifat-sifat cahaya dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274073;
dc.subjectHasil Belajar, Aktifitas Belajar, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN PANDUAN LKS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN SUMBERJERUK 03 KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record