IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVA SDN MANGLI 01 TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Abstract
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) siswa mengalami peningkatan
aktivitas terlihat pada pra siklus aktivitas secara klasikal sebesar 58.52%, Siklus I
sebesar 55.39% dan siklus II sebesar 65.39%n dari persentase keaktifan siswa di siklus II
dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil meningkatkan aktivitas siswa
karena Kriteria klasikal, suatu kelas dinyatakan aktif apabila telah mencapai
persentase 65% dari skor maksimal 100%. (2) siswa mengalami peningkatan hasil
belajar tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan secara klasikal sebesar
50.98 %,. Tindakan siklus I tingkat ketuntasan hasil belajar menjadi 37.25 %.
Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa terlihat setelah tindakan siklus
II dengan persentasi sebesar 72.54 %, jadi dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah
berhasil meningkatkan hasil belajar siswa karena seorang siswa dikatakan tuntas
belajar apabila telah mencapai skor 65 dari skor maksimal 100. ketuntasan
klasikal, suatu kelas dinyatakan tuntas apabila terdapat minimal 70% telah mencapai
ketuntasan individual 65 dari skor maksimal 100.