• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN PLUS SUKOWONO JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Didit Suprianto - 060210301120_1.pdf (1016.Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Didit Suprianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan dokumentasi yang dilakukan pada tanggal 08 februari 2013 di kelas X-1 SMAN Plus Sukowono Jember, ditemukan hasil belajar ekonomi tergolong rendah berdasarkan data pra siklus, hasil belajar ekonomi siswa kelas X-1 SMAN Plus Sukowono dari data ulangan harian pokok bahasan permintaan dan penawaran kelas X-1 dari 32 hanya 56,3% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 sedangkan 43,7% siswa lainnya mendapatkan nilai < 70 dan siswa harus sering diingatkan dalam mengikuti proses pembelajaran misalnya dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas X-1 SMAN Plus Sukowono Jember tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas X-1 SMAN Plus Sukowono Jember tahun pelajaran 2012/2013 yang dimulai tanggal 08 Februari 2013 sampai dengan 09 Maret 2013. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kedisiplinan dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMAN Plus Sukowono Jember, pada pelajaran ekonomi menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dari pra siklus dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 56,3% yang menunjukkan hasil belajar siswa rendah pada siklus satu hasil meningkat menjadi 62,5% tapi peningkatan hasil belajar pada siklus satu ini belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SMAN vii Plus Sukowono Jember, yaitu ≥ 75%. Siklus dua merupakan siklus perbaikan dari kekurangan yang ada pada siklus satu, pada siklus dua ini terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus satu yaitu 62,5% meningkat menjadi 87,5% peningkatan hasil belajar pada siklus dua ini sudah memenuhi KKM yaitu 75%. Peningkatan kedisiplinan siswa dari pra siklus ke siklus satu terjadi peningkatan kedisiplinan. Dari ketiga kedisiplinan, dua kedisiplinan diantaranya yaitu kedisiplinan Tertib dalam proses pembelajaran, dan Patuh dalam menjalankan ketetapan-ketetapan guru di dalam kelas cenderung ke MB (mulai berkembang) yaitu siswa memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten, hal ini dikarenakan ada beberapa siswa masih belum mengerti tata cara dan kedisiplinan apa saja yang ditingkatkan dalam model pembelajaran ini, jadi guru masih harus sering mengingatkan kepada siswa. Pada siklus dua kedisiplinan siswa semakin meningkat. Kenaikan kedisiplinan pada siklus dua dapat dilihat dari perbandingan antara kedisiplinan pada siklus 1 dengan siklus 2, pada siklus 2 ini dari ketiga kedisiplinan yaitu kedisiplinan tertib dalam proses pembelajaran, patuh dalam menjalankan ketetapan-ketetapan guru di dalam kelas, dan Menaati aturan berbicara yang ditentukan dalam sebuah diskusi kelas masih cenderung ke MB (mulai berkembang) yaitu siswa melakukan kedisiplinan belum konsisten tapi kecenderungan siswa ke MB (mulai berkembang) jumlah berkurang dan meningkat pada MD (menjadi disiplin). Untuk kedisiplinan Menaati aturan berbicara yang ditentukan dalam sebuah diskusi kelas juga masih cenderung ke BT (belum terlihat) tapi pada siklus 2 ini sudah meningkat ke MB (mulai berkembang) yaitu siswa memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten. Kesimpulan dari penelitian penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 di SMAN Plus Sukowono Jember dapat meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4455
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository