PENGGUNAAN BUKU RAPORT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI TERHADAP ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DI KELOMPOK MAWAR PLAY GROUP PUSPA HATI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Laporan penilaian merupakan sarana komunikasi antara sekolah, guru, siswa
dan orang tua tentang ketercapaian perkembangan belajar anak dalam waktu tertentu.
Hal ini merupakan bagian penting dari kerjasama guru dengan orang tua dalam
membantu perkembangan anak. Pelaporan yang diberikan kepada orang tua ini
dalam bentuk buku laporan perkembangan atau yang dikenal dengan nama Buku
Raport. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimanakah Penggunaan Buku Raport Sebagai Media Komunikasi Terhadap
Orang Tua Dalam Pembelajaran Di Kelompok Mawar Play Group Puspa Hati
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 20112012.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Penggunaan Buku Raport
Sebagai Media Komunikasi Terhadap Orang Tua Dalam Pembelajaran Di Kelompok
Mawar Play Group Puspa Hati Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Semester
Ganjil Tahun Pelajaran 2011-2012. Manfaat penelitian adalah untuk memaparkan
kegunaan hasil penelitian yang telah dicapai, baik untuk peneliti, orang tua, Play
Group Puspa Hati dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah.
Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan dengan
pendekatan deskriptif kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana penggunaan raport sebagai media komunikasi
terhadap orang tua dalam pembelajaran dengan jumlah informan kunci 8 orang
tua/wali murid melalui purposive sampling dan informan pendukung yaitu 3
orang guru dan kepala Play Group Puspa Hati. Lokasi penelitian yakni di Play
Group Puspa Hati Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian yaitu melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan verifikasi yang
dilakukan sebelum dan selama di lapangan.
Berdasarkan data yang diperoleh dilapangan bahwa buku raport di Play Group
Puspa Hati ini di dalamnya terdapat keterangan mengenai perkembangan anak yang
meliputi ruang lingkup pengetahuan, pemahaman komunikasi, kekayaan bahasa, daya
abstraksi, kerapian dan kebersihan, ketertiban, ketangkasan, kesegaran jasmani,
religious, dan apresiasi seni. Buku raport merupakan salah satu media komunikasi
yang dapat membantu orang tua untuk mengetahui perkembangan anaknya selama
mengikuti kegiatan pembelajaran di Play Group Puspa Hati.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah diuraikan dapat
disimpulkan bahwa penggunaan buku raport Play Group Puspa Hati Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember sebagai media komunikasi terhadap orang tua dalam
pembelajaran ini digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai tingkat
perkembangan peserta didik dalam kurun waktu 6 bulan (satu semester) kepada
orang tua/wali dan hasil evaluasi dari pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
kepada orang tua/wali murid. Hal ini terbukti dengan pemahaman orang tua mengenai
informasi yang ada dalam buku raport serta kriteria penilaian yang ada dalam buku
raport. Saran untuk peneliti lain yaitu diharapkan dapat mengembangkan berbagai
kegiatan pendidikan di PAUD yang dapat menambah pengetahuan dan pengalaman
bagi mahasiswa Program Studi PLS dibidang pendidikan anak usia dini (PAUD).