Show simple item record

dc.contributor.authorDian Ardila Septiana
dc.date.accessioned2013-12-04T14:40:52Z
dc.date.available2013-12-04T14:40:52Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM080210201029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4222
dc.description.abstractLaporan penilaian merupakan sarana komunikasi antara sekolah, guru, siswa dan orang tua tentang ketercapaian perkembangan belajar anak dalam waktu tertentu. Hal ini merupakan bagian penting dari kerjasama guru dengan orang tua dalam membantu perkembangan anak. Pelaporan yang diberikan kepada orang tua ini dalam bentuk buku laporan perkembangan atau yang dikenal dengan nama Buku Raport. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penggunaan Buku Raport Sebagai Media Komunikasi Terhadap Orang Tua Dalam Pembelajaran Di Kelompok Mawar Play Group Puspa Hati Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 20112012. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Penggunaan Buku Raport Sebagai Media Komunikasi Terhadap Orang Tua Dalam Pembelajaran Di Kelompok Mawar Play Group Puspa Hati Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011-2012. Manfaat penelitian adalah untuk memaparkan kegunaan hasil penelitian yang telah dicapai, baik untuk peneliti, orang tua, Play Group Puspa Hati dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan dengan pendekatan deskriptif kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan raport sebagai media komunikasi terhadap orang tua dalam pembelajaran dengan jumlah informan kunci 8 orang tua/wali murid melalui purposive sampling dan informan pendukung yaitu 3 orang guru dan kepala Play Group Puspa Hati. Lokasi penelitian yakni di Play Group Puspa Hati Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan verifikasi yang dilakukan sebelum dan selama di lapangan. Berdasarkan data yang diperoleh dilapangan bahwa buku raport di Play Group Puspa Hati ini di dalamnya terdapat keterangan mengenai perkembangan anak yang meliputi ruang lingkup pengetahuan, pemahaman komunikasi, kekayaan bahasa, daya abstraksi, kerapian dan kebersihan, ketertiban, ketangkasan, kesegaran jasmani, religious, dan apresiasi seni. Buku raport merupakan salah satu media komunikasi yang dapat membantu orang tua untuk mengetahui perkembangan anaknya selama mengikuti kegiatan pembelajaran di Play Group Puspa Hati. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku raport Play Group Puspa Hati Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember sebagai media komunikasi terhadap orang tua dalam pembelajaran ini digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai tingkat perkembangan peserta didik dalam kurun waktu 6 bulan (satu semester) kepada orang tua/wali dan hasil evaluasi dari pertumbuhan dan perkembangan peserta didik kepada orang tua/wali murid. Hal ini terbukti dengan pemahaman orang tua mengenai informasi yang ada dalam buku raport serta kriteria penilaian yang ada dalam buku raport. Saran untuk peneliti lain yaitu diharapkan dapat mengembangkan berbagai kegiatan pendidikan di PAUD yang dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa Program Studi PLS dibidang pendidikan anak usia dini (PAUD).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210201029;
dc.subjectBuku Raport, Media Komunikasi, Orang Tuaen_US
dc.titlePENGGUNAAN BUKU RAPORT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI TERHADAP ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DI KELOMPOK MAWAR PLAY GROUP PUSPA HATI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record