PENGARUH VARIABEL BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER Z DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul “ Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z di Kota Jember “, ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari kualitas produk, desain, suku cadang, lokasi, harga jual, penayangan iklan di TV dan brosur baik secara simultan (serempak) maupun parsial (individu) terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kota Jember. Dan untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kota Jember. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kota Jember. pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada 80 responden pemilik sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kota Jember. Variabel-variebel yang diteliti meliputi kualitas produk, desain, suku cadang, lokasi, harga jual, penayangan iklan di televisi, dan brosur. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa variabel kualitas produk, desain, suku cadang, lokasi, dan penayangan iklan di televisi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kota Jember, sedangkan variabel harga jual dan brosur tidak berpengaruh terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kota Jember. Variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel desain.