DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM LIRIK LAGU ADA BAND PADA ALBUM ROMANTIC RHAPSODY
Abstract
Penelitian ini berjudul diksi dan gaya bahasa dalam lirik lagu Ada Band pada album
Romantic Rhapsody. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh daya tarik berupa adanya perpaduan
variasi diksi yang digunakan Ada Band yang mampu mengungkapkan pikiran dan perasaan serta
Ciri khas berupa gaya bahasa yang indah dan memiliki nilai imajinatif yang tinggi. Hal tersebut
dinilai mampu menggugah dan menyentuh hati para pendengar. Penelitian mengenai diksi dan
gaya bahasa dapat dijadikan alternatif materi pembelajaran oleh siswa pada kompetensi dasar
yang terkait. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah
diksi dalam lirik lagu karya Ada Band pada album Romantic Rhapsody?; (2) Bagaimanakah
gaya bahasa dalam lirik lagu Ada Band pada album Romantic Rhapsody?; (3) Bagaimanakah
pemanfaatan diksi dan gaya bahasa dalam lirik lagu karya Ada Band pada album Romantic
Rhapsody sebagai alternatif materi pembelajaran di SMA?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Rancangan penelitian yang digunakan rancangan penelitian kualitatif. Data berupa kalimat, atau
kata-kata tertulis yang mengandung diksi dan gaya bahasa dalam lirik lagu Ada Band pada
album Romantic Rhapsody. Sumber data berupa dua belas lagu Ada Band dalam album
Romantic Rhapsody. Teknik pengumpulan adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan
meliputi (1) menyimak, (2) membaca, (3) interpretasi data(4) pengklasifikasian data (5)
pengodean data (6) pendeskripsian data (7) verifikasi data atau simpulan. Instrumen yang
digunakan adalah PC, Laptop, pulpen, buku catatan, dan tabel analisis data. Prosedur penelitian
terdiri atas tiga tahap, di antaranya tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.
Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi 1) kata denotatif berperan memperjelas
lirik lagu serta mengungkapkan pikiran 2) kata konotatif bertujuan memperindah serta
membiaskan makna pada lirik lagu 3) kata umum berperan memperkenalkan dan memberi
gambaran awal pada lirik lagu 4) kata khusus berfungsi memperjelas lirik lagu dan
memperindah lirik lagu 5) kata abstrak berfungsi mencurahkan perasaan dan memperindah lirik
viii
lagu 6) kata konkret berfungsi memperjelas dan merealisasikan maksud dalam lirik lagu. Jenis
gaya bahasa meliputi 1) gaya bahasa perbandingan a) metafora berfungsi memperoleh gambaran
sesuai mengenai maksud yang ingin disampaikan b) personifikasi berfungsi memberi efek hidup
dan kesan romantis dalam lirik lagu c) alegori berfungsi memberi daya khayal atau mimpi pada
lirik lagu d) simile berfungsi memberi efek keromantisan pada lirik lagu e) antitesis berfungsi
mengungkapkan kebesaran dan ketulusan hati pembawa lagu f) pleonasme berfungsi sebagai
pelengkap kata dalam lirik lagu 2) gaya bahasa pertentangan a) hiperbola berfungsi
mengungkapkan keyakinan dan percaya diri yang tinggi .3) gaya bahasa pertautan a)eufimisme
berfungsi memberi penghormatan dan menjaga etika kesantunan dalam lirik lagu b)sinekdoke
berfungsi sebagai efektivitas kalimat 4) gaya bahasa perulangan a)anafora berfungsi untuk
mempertegas eksistensi kata dalam lirik lagu. Materi pembelajaran yang terkait adalah KD 5.2
menemukan diksi dan gaya bahasa yang terdapat dalam puisi yang disampaikan secara
langsung atau tidak langsung dengan materi berupa pengertian serta pembahasan dalam jenis
diksi yang meliputi kata denotatif, kata konotatif, kata umum, kata khusus, kata abstrak, kata
konkret serta gaya bahasa yang meliputi gaya bahasa perbandingan yakni metafora, alegori,
personifikasi, persamaan, antitesis, pleonasme, gaya bahasa pertentangan yakni hiperbola, gaya
bahasa pertautan yakni eufimisme dan sinekdoke serta gaya bahasa perulangan yakni anafora.
Kesimpulan penelitian adalah 1) diksi dalam lirik lagu Ada Band dapat mengungkapkan
ide penulis dengan tepat dan jelas sehingga mempermudah pendengar dalam menikmatinya, 2)
Gaya bahasa dalam lirik lagu Ada Band mampu mengungkapkan ide penulis dengan bahasa
yang indah dan menggugah hati pendengarnya, sehingga mampu memberi nilai imajinatif bagi
para penikmatnya, 3) Penelitian dapat dijadikan alternatif materi pembelajaran siswa SMA kelas
X dengan KD 5.2 menemukan diksi dan gaya bahasa yang terdapat dalam puisi yang
disampaikan secara langsung atau tidak langsung melalui langkah-langkah pembelajaran pada
siswa dengan menggunakan metode inquiri. Saran yang dapat diberikan1) bagi mahasiswa PBSI
yang melakukan penelitian sejenis, hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan bahan
pembelajaran yang lebih kreatif untuk objek lagu dengan lebih memperhatikan landasan dasar
konsep teori serta kaidah bahasa dan sastra 2) bagi calon peneliti diksi dan gaya bahasa,
diharapkan terlaksananya penelitian pada lirik lagu dengan berbagai jenis pengayaan diksi dan
gaya bahasa yang lebih variatif 3) Bagi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah, hasil
penelitian diharapkan mampu dijadikan alternatif bahan pembelajaran menulis kreatif di SMA.