PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DISERTAI PERMAINAN KARTUBILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GANJIL SDN PUROREJO 04 LUMAJANG TAHUN AJARAN 2009/2010
Abstract
Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran matematika
sampai saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran yang bersumber dari buku
paket atau terkesan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari pikiran guru ke
dalam pikiran siswa, sehingga prestasi hasil belajar matematika masih rendah.
Penerapan pembelajaran kooperatif disertai permainan kartu bilangan dapat
memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial
dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami dan melatih siswa dalam
berhitung campuran yang telah dipelajari melalui kegiatan atau belajar secara
berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini
adalah: (1) mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif disertai permainan kartu
bilangan pada sub pokok bahasan operasi hitung campuran pada siswa kelas IV
semester ganjil SDN Purorejo 04 Lumajang Tahun Ajaran 2009/2010, (2) mengetahui
aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran kooperatif disertai permainan kartu
bilangan pada sub pokok bahasan operasi hitung campuran pada siswa kelas IV
semester ganjil SDN Purorejo 04 Lumajang Tahun Ajaran 2009/2010, (3) mengetahui
ketuntasan hasil belajar siswa dalam keterampilan dan keakuratan berhitung melalui
penerapan pembelajaran kooperatif disertai permainan kartu bilangan pada sub pokok
bahasan operasi hitung campuran pada siswa kelas IV semester ganjil SDN Purorejo
04 Lumajang Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Purorejo 04 kelas IV yang terdiri 16 siswa,
6 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Siswa dibagi menjadi empat kelompok
yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitiannya hádala penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik
pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif
kualitatif menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi,
sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis tes individu.
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 25 Agustus sampai 11
September 2009 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Purorejo 04
Tempursari Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa,
aktivitas guru, dan tes individu. Pada pertemuan I, aktivitas siswa mencapai 70,3%,
aktivitas guru 76%, tes individu 31,25%. Pertemuan II, aktivitas siswa mencapai
78,13% , aktivitas guru 83,3% dan tes individu 62,5% . Pertemuan ke III, aktivitas
siswa mencapai 93,75% , aktivitas guru 93,3% dan tes individu 75%.
Analisis data hasil penelitian siklus I post-tes I mencapai 62,5% , pada siklus
II post-tes II sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut secara klasikal siswa kelas IV
mencapai ketuntasan belajar dengan kategori sangat aktif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas
dan hasil belajar pada sub pokok bahasan operasi hitung campuran. Penerapan
pembelajaran kooperatif disertai permainan kartu bilangan dapat menciptakan
suasana pembelajaran yang aktif, meningkatkan keterampilan dan keakuratan
berhitung, siswa dapat berinteraksi dengan kelompok belajarnya.