• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Menggunakan Metode Demonstrasi disertai Alat Peraga pada Siswa Kelas III SD Negeri Polangan 01

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (337)_1.pdf (127.1Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    ZAINABUN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di masa sekarang ini banyak orang beranggapan materi pelajaran matematika memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding materi pelajaran non eksak. Oleh karena itu tenaga pendidik perlu mencari ide baru guna meningkatkan mutu pembelajaran yang berkualitas. SD Negeri Polagan I adalah sebuah sekolah tingkat dasar yang dipandang sebelah mata oleh masyarakat, mereka beranggapan bahwa guru dikalangan SD Negeri Polagan I kurang profesional. Untuk mengurangi kekurangan tersebut, maka peneliti yang sekarang sebagai pengajar SD Negeri Polagan I melakukan analisa kesulitan belajar matematika melalui penelitian tindakan kelas. Pada penelitian tindakan kelas kali ini peneliti mencoba pada sub pokok pecahan. Karena melihat fenomena bahwa siswa SD Negeri Polagan I masih merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan pecahan, serta masih rendahnya nilai-nilai yang siswa dapatkan. Peneliti mencoba menyelesaikan masalah tersebut melalui pembelajaran dengan bantuan alat peraga..Menurut Jean Piaget anak usia 7-8 tahun berada dalam tahap operasionalkonkret. Siswa kelas III SD Negeri Polagan I rata-rata berusia 7-8 tahun. Sarana yang paling tepat untuk menyajikan konsep abstrak matematika dalam bentukkonkret adalah dengan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran. Berdasarkan kajian teori, pemikiran dan pertimbangan penggunaan alat peraga diyakini mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Polagan I pada pokok bahasan pecahan.Sebagai indikator keberhasilan penelitian, adalah apabila nilai rata-rata kelas ≥ 6,5 dan banyak siswa yang mendapat nilai ≥ 6,5 sekurang-kurangnya 80 % serta rata-rata keaktifan siswa berada pada kategori sangat baik (≥ 80 %). Adapun indikator penelitian ini adalah hasil belajar siswa serta keaktifan siswadalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus diperoleh hasil sebagai berikut. Pada Siklus I nilai rata-rata kelas 6,9, siswa yang mendapat nilai ≥ 6,5 sebanyak 65 %, rata – rata keaktifan siswa berada pada kategori baik 66,5 %. Pada Siklus II nilai rata-rata kelas 7,4 , siswa yang mendapat nilai ≥ 6,5 sebanyak 87 %, rata-rata keaktifan siswa berada pada kategori baik 85 %. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditetapkan dapat tercapai.Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaanalat peraga ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Polagan 01 pada pokok bahasan pecahan. Saran yang dapat disampaikan berkaitan dengan simpulan tersebut adalah model pembelajaran pada pokok bahasan pecahan di kelas III dengan metode demonstrasi disertai alat peraga adalah sebagai salah satu alternatif model pembelajaran, kerena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25948
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository