Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Problem-Based Instruction Dilengkapi Performance Assessment pada Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore Tahun Ajaran 2011-2012; Titus Windhiyanti, 070210102014
Abstract
Hasil analisis skor post test kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore
menunjukkan ketuntasan hasil belajar masih rendah yaitu hanya 10% dari total 31
siswa yang memiliki skor diatas 75 KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Jika
ditinjau dari aktivitas belajar fisika siswa di kelas, siswa kelas VII-G memiliki
aktivitas yang rendah. Rendahnya aktivitas belajar fisika siswa di kelas
ditunjukkan oleh; (1) tidak ada siswa yang mengerjakan soal di depan kelas; (2)
tidak ada siswa yang mengajukan pertanyaan pada guru; (3) tidak ada siswa yang
mengerjakan tugas dengan baik dan benar; (4) hanya 7 siswa yang mencatat halhal
penting dan materi yang di tulis di papan tulis dengan rapi dan benar sesuai
materi yang diberikan. Skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa adalah 34.67%.
Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas
dengan menerapkan pembelajaran model Problem-Based Instruction dilengkapi
performance assessment untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar
siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore. Rumusan masalah pada penelitian ini
adalah; (1) Bagaimana model Problem-Based Instruction dilengkapi performance
assessment dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar? (2)
Bagaimana peningkatan aktivitas belajar fisika menggunakan model Problem-
Based Instruction dilengkapi performance assessment? (3) Bagaimana
peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika menggunakan model Problem-Based
Instruction dilengkapi performance assessment? pada siswa kelas VII-G SMP
Negeri 1 Glenmore tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan model Problem-Based Instruction dilengkapi performance