STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PQ4R BERBANTUKAN LKS DAN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI (POKOK BAHASAN JUAL BELI ANGSURAN PADA SISWA KELAS IX SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 8 JEMBER TAHUN AJARAN 2006-2007)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) melihat
adakah perbedaan hasil belajar siswa yang antara kelas yang diajar menggunakan metode
PQ4R berbantukan LKS dan kelas yang diajar dengan metode ceramah pada pokok
bahasan jual beli angsuran, (2) melihat seberapa besar efektifitas relatif penggunaaan
metode PQ4R berbantukan LKS pada pokok bahasan jual beli angsuran terhadap hasil
belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas IXA dan IXC semester genap di SMP
Negeri 8 Jember tahun ajaran 2006-2007. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
metode observasi dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan Uji t dan Uji efektivitas
relatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa
(afektif dan kognitif) yang diajar dengan menggunakan metode PQ4R berbantukan LKS
dan metode ceramah. Besar efektivitas relatif dari penggunaan metode PQ4R
berbantukan LKS terhadap hasil belajar siswa baik afektif maupun kognitif tergolong
cukup efektif.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode PQ4R berbantukan LKS dan metode
ceramah