• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SUB KONSEP BAGIAN-BAGIAN RANGKA MANUSIA MELALUI PERMAINAN KARTU DI KELAS IV SDN MAESAN 01 BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    S (15)s_1.pdf (258.0Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    W I W I K K U N T A R I
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode permainan kartu terbukti dapat : 1. Meningkatkan hasil belajar sub konsep bagian-bagian rangka manusia. 2. Menuntaskan pembelajaran sub konsep bagian-bagian rangka manusia. Hal tersebut terbukti dengan data hasil tes formatif baik secara individual maupun secara klasikal. Data-data tersebut adalah dengan meningkatnya rata-rata kelas hasil post test dari 70,63 menjadi 78,4, jadi dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan nilai 7,77.sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 59% menjadi 86,9% mengalami peningkatan 27,9%. Dengan demikian metode permainan kartu juga lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran, karena dalam pembelajaran tersebut tanpa disadari siswa sudah belajar menghafalkan materi dengan sendirinya. Metode permainan kartu juga terbukti meningkatkan aktifitas dan minat belajar yang sangat tinggi 5.2 Saran Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode permainan kartu terbukti dapat : 1. Meningkatkan hasil belajar sub konsep bagian-bagian rangka manusia. 2. Menuntaskan pembelajaran sub konsep bagian-bagian rangka manusia. Hal tersebut terbukti dengan data hasil tes formatif baik secara individual maupun secara klasikal. Data-data tersebut adalah dengan meningkatnya rata-rata kelas hasil post test dari 70,63 menjadi 78,4, jadi dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan nilai 7,77.sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 59% menjadi 86,9% mengalami peningkatan 27,9%. Dengan demikian metode permainan kartu juga lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran, karena dalam pembelajaran tersebut tanpa disadari siswa sudah belajar menghafalkan materi dengan sendirinya. Metode permainan kartu juga terbukti meningkatkan aktifitas dan minat belajar yang sangat tinggi 5.2 Saran Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode permainan kartu terbukti dapat : 1. Meningkatkan hasil belajar sub konsep bagian-bagian rangka manusia. 2. Menuntaskan pembelajaran sub konsep bagian-bagian rangka manusia. Hal tersebut terbukti dengan data hasil tes formatif baik secara individual maupun secara klasikal. Data-data tersebut adalah dengan meningkatnya rata-rata kelas hasil post test dari 70,63 menjadi 78,4, jadi dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan nilai 7,77.sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 59% menjadi 86,9% mengalami peningkatan 27,9%. Dengan demikian metode permainan kartu juga lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran, karena dalam pembelajaran tersebut tanpa disadari siswa sudah belajar menghafalkan materi dengan sendirinya. Metode permainan kartu juga terbukti meningkatkan aktifitas dan minat belajar yang sangat tinggi 1. Perlunya ketelitian supervisor dalam menilai observasi. 2. mengubah cara permainan kartu
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22154
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5640]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository