Show simple item record

dc.contributor.authorW I W I K K U N T A R I
dc.date.accessioned2014-01-23T05:10:46Z
dc.date.available2014-01-23T05:10:46Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210274032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22154
dc.description.abstractProses belajar mengajar dengan menggunakan metode permainan kartu terbukti dapat : 1. Meningkatkan hasil belajar sub konsep bagian-bagian rangka manusia. 2. Menuntaskan pembelajaran sub konsep bagian-bagian rangka manusia. Hal tersebut terbukti dengan data hasil tes formatif baik secara individual maupun secara klasikal. Data-data tersebut adalah dengan meningkatnya rata-rata kelas hasil post test dari 70,63 menjadi 78,4, jadi dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan nilai 7,77.sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 59% menjadi 86,9% mengalami peningkatan 27,9%. Dengan demikian metode permainan kartu juga lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran, karena dalam pembelajaran tersebut tanpa disadari siswa sudah belajar menghafalkan materi dengan sendirinya. Metode permainan kartu juga terbukti meningkatkan aktifitas dan minat belajar yang sangat tinggi 5.2 Saran Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode permainan kartu terbukti dapat : 1. Meningkatkan hasil belajar sub konsep bagian-bagian rangka manusia. 2. Menuntaskan pembelajaran sub konsep bagian-bagian rangka manusia. Hal tersebut terbukti dengan data hasil tes formatif baik secara individual maupun secara klasikal. Data-data tersebut adalah dengan meningkatnya rata-rata kelas hasil post test dari 70,63 menjadi 78,4, jadi dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan nilai 7,77.sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 59% menjadi 86,9% mengalami peningkatan 27,9%. Dengan demikian metode permainan kartu juga lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran, karena dalam pembelajaran tersebut tanpa disadari siswa sudah belajar menghafalkan materi dengan sendirinya. Metode permainan kartu juga terbukti meningkatkan aktifitas dan minat belajar yang sangat tinggi 5.2 Saran Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode permainan kartu terbukti dapat : 1. Meningkatkan hasil belajar sub konsep bagian-bagian rangka manusia. 2. Menuntaskan pembelajaran sub konsep bagian-bagian rangka manusia. Hal tersebut terbukti dengan data hasil tes formatif baik secara individual maupun secara klasikal. Data-data tersebut adalah dengan meningkatnya rata-rata kelas hasil post test dari 70,63 menjadi 78,4, jadi dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan nilai 7,77.sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 59% menjadi 86,9% mengalami peningkatan 27,9%. Dengan demikian metode permainan kartu juga lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran, karena dalam pembelajaran tersebut tanpa disadari siswa sudah belajar menghafalkan materi dengan sendirinya. Metode permainan kartu juga terbukti meningkatkan aktifitas dan minat belajar yang sangat tinggi 1. Perlunya ketelitian supervisor dalam menilai observasi. 2. mengubah cara permainan kartuen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210274032;
dc.subjectKONSEP BAGIAN-BAGIAN RANGKA MANUSIAen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SUB KONSEP BAGIAN-BAGIAN RANGKA MANUSIA MELALUI PERMAINAN KARTU DI KELAS IV SDN MAESAN 01 BONDOWOSOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record