• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI DAN PENGGUNAANNYA SDN 2 SUMBERPINANG SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    S (40)s_1.pdf (364.1Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Wiwin Puji Astutik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa di SDN 2 Sumberpinang terdapat suatu permasalahan dalam pembelajaran IPA yaitu hasil belajar yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena : (1) guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai sebelum proses pembelajaran secara lengkap, (2) penyampaian materi sebagian besar dilakukan dengan metode ceramah, (3) guru tidak menggunakan media/alat peraga selama proses pembelajaran.Selain itu juga, rendahnya hasil belajar disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang mampu membangkitkan minat dan keaktifan siswa. Berdasarkan latar belakang di atas dapat ditentukan rumusan masalah yaitu (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energy dan penggunaannya siswa kelas IV SDN 2 Sumberpinang tahun pelajaran 2011/2012? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energy dan penggunaannya siswa kelas IV SDN 2 Sumberpinang tahun pelajaran 2011/2012? Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan strategi pembelajaran PAKEM.PAKEM adalah sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan keterampilan dan pemahaman dengan penekanan kepada belajar sambil bekerja, sementara guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif.Pembelajaran PAKEM intinya guru di sini harus kreatif menciptakan proses belajar mengajara yang kreatif, efektif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembalajaran PAKEM.Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Sumberpinang pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 orang.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan penelitian ini peneliti dibantu oleh 3 orang observer.Pada sikliu I dan II dilakukan penelitian dengan menerapkan strategi pembelajaran PAKEM. Hal-hal yang dilakukan pada siklus I dan II adalah (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan, (3)observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa meningkat setelah diterapkannya strategi pembelajaran PAKEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal meningkat sebelum dilakukan penelitian hasil belajar siswa secara klasikal 43,48%. Setelah diadakan penelitian pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 78,26% dan pada siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 91,3%. Aktivitas siswa pada siklus I secara klasikal adalah 60,15% dan pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal meningkat menjadi 83,91%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PAKEM sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar secara klasikal dari siklus 1 mencapai 78,26% meningkat menjadi pada siklus 2 yaitu 91,3%. Sedangkan aktivitas belajar siswa di dalam kelas secara klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu 60,15% meningkat pada siklus 2 mencapai 83,91%. Disarankan agar strategi PAKEM dapat diterapkan sebagai alternatif model pembelajaran dan dikembangkan dalam proses pembelajaran IPA maupun mata pelajaran yang lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22139
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository