PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII C SMP NEGERI 1 TANGGUL SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2009/2010
Abstract
Ada beberapa faktor yang sangat berperan dalam keberhasilan kegiatan
belajar mengajar matematika. Faktor-faktor itulah yang membutuhkan perhatian
demi tercapainya peningkatan mutu pendidikan. Salah satu faktor tersebut adalah
proses kegiatan pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa. Hal ini berarti
bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pembelajaran banyak tergantung dari
bagaimana proses pembelajaran antara siswa dengan guru. Berdasarkan informasi
yang diberikan guru kelas VII SMP N 1 Tanggul adalah rendahnya aktivitas dan
hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan siswa beranggapan bahwa mata pelajaran
matematika khususnya pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel
merupakan materi yang sulit. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel dikarenakan siswa kurang
memahami konsep dalam menentukan model matematika. Untuk itu salah satu
cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah melalui
pembelajaran kooperatif model Teams Assisted Individualization (TAI). Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui penerapkan pembelajaran kooperatif model Teams
Assisted Individualization (TAI), mengetahui aktivitas belajar siswa, dan
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.