• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN SUMBERJERUK 03

    Thumbnail
    View/Open
    S (341)s_1.pdf (464.9Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    YULIK FITRIYANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu pengetahuan sosial (IPS) di SDN Sumberjeruk 03, dimana pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah sehingga sebagian besar masih pasif dan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS khususnya pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan media gambar dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya pada siswa kelas IV SDN Sumberjeruk 03? Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan media gambar dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya pada siswa kelas IV SDN Sumberjeruk 03. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media gambar dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya pada siswa kelas IV SDN Sumberjeruk 03. Penelitian ini dilakukan di SDN Sumberjeruk 03 kelas IV yang terdiri dari 26 siswa, 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan . Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi/pengamatan aktivitas belajar siswa, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis evaluasi hasil belajar siswa. Pengambilan data mulai dilakukan tanggang 1 Maret 2012 sampai dengan 30 April 2012 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Sumberjeruk 03 kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan evaluasi hasil belajar siswa. Berdasarkan data telah diperoleh hasil aktivitas belajar siswa yang cenderung semakin meningkat selama pelaksanaan tindakan pada masing-masing siklus. Persentase keaktifan secara klasikal pada siklus I adalah 65,3% dan persentase keaktifan pada siklus II adalah 80,7% . Peningkatan aktivitas belajar siswa yang terjadi antara siklus I dan siklus II sebesar 15,4%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 69,2%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 18 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 8 siswa, sedangkan pada siklus II ketuntasan secara klasikal mencapai 84,6%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 22 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 4 siswa. Peningkatan hasil belajar siswa yang terjadi antara siklus I dan siklus II sebesar 15,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia melalui penerapan media gambar. Dimana pembelajaran ini dapat membuat siswa lebih berani mengungkapkan pendapat melalui presentasi dan memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Berdasarkan kesimpulan tersebut ada beberapa saran yang perlu dipertimbangkan yaitu Bagi guru, pembelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dengan menggunakan media gambar dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS. Bagi siswa, setelah mengikuti pembelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dengan menggunakan media gambar siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran khususnya pembelajaran IPS. Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang salah satu alternatif cara pengajaran atau pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21713
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository