PENGARUH BUKTI FISIK DAN KEHANDALAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMK NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh bukti fisik dan kehandalan jasa terhadap kepuasan siswa di
SMK Negeri 2 Jember tahun ajaran 2011/2012. Dengan penentuan daerah
penelitian secara purposive area sedangkan metode penentuan sampelnya
menggunakan proposional random sampling sejumlah 97 responden. Metode
yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan
menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Penenlitian ini
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, varian
garis regresi, efektivitas garis regresi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa bukti fisik dan kehandalan jasa pendidikan memiliki pengaruh signifikan
terhadap kepuasan siswa. F
hitung
= 145,568 > F
= 3,94 dengan tingkat
signifikansi α = 0,05 > signifikansi 0,000. Berdasarkan hal tersebut dapat
disimpulkan bahwa H
0
viii
tabel
ditolak dan Ha diterima, jadi variabel bebas yaitu bukti
fisik dan kehandalan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap
variabel terikat yaitu kepuasan siswa. Hasil analisis efektifitas Garis Regresi (R
)
yang digunakan untuk mengetahui kontribusi koefisien regresi dari variabel bebas
yaitu kehandalan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan siswa diketahui sebesar
0,756 atau 75,6%. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan siswa dapat dipengaruhi
oleh kehandalan kualitas jasa pendidikan sebesar 75,6%, sedangkan sisanya
24,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, seperti daya tanggap,