PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN ATAS KINERJA BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU PRABAYAR KARTU AS EXTRA AMPUH DI SMAN 2 BONDOWOSO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a[akah ada pengaruh simultan
dan parsial dari kepuasan pada produk, harga, distribusi, promosi, orang, bikti
fisik dan proses terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar Kartu As Extra
Ampuh. Metode pengambilan sample adalah dengan mengguanakan metode
purposive sampling, penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear
berganda.
Pengaruh simulatan variabel produk (X1), harga (X2), distribusi (X3),
promosi (X4), orang (X5), bukti fisik (X6) dan proses (X7) berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar Kartu As Extra Ampuh.
Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisi uji F. Fhitung > Ftabel (152,67 > 2,306),
besarnya pengaruh dapat diketahui dari Rsquare sebesar 0,921 yang menunjukkan
bahwa variabel produk (X1), harga (X2), distribusi (X3), promosi (X4), orang
(X5), bukti fisik (X6) dan proses (X7) menunjukkan bahwa variabel-variabel
tersebut berpengaruh sebesar 92% terhadap loyalitas pelanggan kartu prabayar
Kartu As Extra Ampuh di SMAN 2 Bondowoso.
Hasil menggunakan ujit menunjukkan bahwa variabel produk (X1), harga
(X2), distribusi (X3), promosi (X4), orang (X5), bukti fisik (X6) dan proses (X7)
secara signifikan mempengaruhi loyalitas konsumen kartu prabayar Kartu As
Extra Ampuh di SMAN 2 Bondowoso, karena semeua variabel memiliki t
>
t
tabel
.
Kesimpulan secara keseluruhan variabel independen (produk, harga,
distribusi, promosi, orang, bikti fisik dan proses baiak secara parsial maupun
simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan kartu prabayar
Kartu As Extra Ampuh di SMAN 2 Bondowoso, sedangkan variable yang
berpengaruh paling dominan merupakan variabel produk (x1) karena memiliki
koefisien terbesar (3,931)