KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI. Tbk KANTOR CABANG PEMBANTU SURABAYA – BARATA DALAM MENARIK MINAT NASABAH
Abstract
PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk. Merupakan Bank BUMN yang dasar
operasionalnya berlandaskan prinsip-prinsip syariah sebagai bank syariah yang
memiliki jaringan terluas, Bank Syariah Mandiri harus memiliki strategi komunikasi
pemasaran khusus yang di implementasikan sesuai prinsip syariah.
Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif yang didasarkan
pada paradigma kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan
program penerapan komunikasi pemasaran yang di jalankan oleh PT. Bank Syariah
Mandiri KCP Surabaya-Barata. Penentuan informan didasarkan melalui metode
snowball sampling dengan satu informan menjadi kunci dan informan lain sebagai
pendukung sumber data yang dibutuhkan. Proses pengumpulan data terdiri dari
pengumpulan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer berupa
wawancara dan observasi kepada obyek penelitian.Sedangkan, pengumpulan data
sekunder berupa dokumentasi dan studi kepustakaan.Tahap analisis data
menggunakan analisis domain dan taksonomi yang berguna untuk memilah-milah
dan memfokuskan data yang dibutuhkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi komunikasi pemasaran
yang dijalankan oleh PT. Bank Syariah Mandiri KCP Surabaya-Barata meliputi iklan,
promosi, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan interaktif, acara dan
pengalaman, penjualan pribadi, dan pemasaran dari mulut ke mulut di imbangi
dengan strategi pemasaran dan pelayanan ekstra yang dilakukan marketing officer,
terbukti dapat menambah jumlah nasabah.