• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pemasaran Dan Peningkatan Kualitas Produk Kerupuk (Studi Kasus Di Pabrik Krupuk Thr, Kelurahan Sempusari)

    Thumbnail
    View/Open
    Dini Fadiana Pratiwi_1.pdf (364.1Kb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    Dini Fadiana Pratiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pabrik Kerupuk THR merupakan salah satu usaha agroindustri yang memproduksi kerupuk. Produksi yang dilakukan oleh Pabrik Kerupuk THR saat ini masih kurang maksimal sehingga pemasaran yang dilakukan pun belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dari kapasitas produksi yang masih rendah dan cenderung menurun setiap bulannya. Oleh karena itu, perlu direncanakan dan diformulasikan strategi pemasaran yang tepat dan peningkatan kualitas produk dalam upaya peningkatan penjualan kerupuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran kerupuk dan peningkatan kualitas kerupuk yang tepat agar mampu meningkatkan penjualan dan produk dapat bersaing di pasaran. Penelitian ini dilakukan melalui metode observasi dan wawancara dengan narasumber baik dari perusahaan, distributor, maupun konsumen di Pabrik Kerupuk THR. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dengan menganalisis faktor internal yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang terdiri dari peluang dan ancaman serta dengan analisis FMEA dengan menganalisis penyebab kegagalan dan upaya penyelesaian. Berdasarkan hasil analisis SWOT diketahui bahwa posisi perusahaan berdasarkan kekuatan faktor internal dan eksternal Pabrik Kerupuk THR menunjukkan strategi pertumbuhan konsentrasi melalui integrasi horisontal, yang dilakukan dengan memperluas perusahaan dan meningkatkan jenis produk serta jasa. Perencanaan strategi pemasaran untuk jangka pendek dapat dilakukan dengan meningkatkan kapasitas produksi, meningkatkan promosi dan pelayanan konsumen, memberikan harga promosi, serta meningkatkan kualitas bahan baku dan produk. Sedangkan untuk strategi jangka panjang dapat dilakukan dengan menambah alat dan fasilitas produksi, melakukan kontrak dengan supplier, meningkatkan kualitas SDM, menambah jenis produk yang dihasilkan, dan melakukan sistem inventory. Pada analisis FMEA dapat diketahui bahwa resiko kegagalan yang terjadi pada parameter atau komponen pencetakan dan pengemasan. Pada komponen pencetakan, dikarenakan ketidak konsistensinya pekerja melakukan dalam melakukan pencetakan. Hal ini berakibat, banyak bentuk serta ukuran yang tidak seragam sesuai dengan alat pencetakannya. Sedangkan untuk komponen pengemasan dikarenakan pengemasan yang digunakan tidak tebal. Kemasan yanag digunkan berupa kemasan tipis dan mudah sobek, sehingga tidak bisa melindungi produk di dalamnya dengan maksimaldan sering menyebabkan produk tidak renyah/melempem.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17462
    Collections
    • UT-Faculty of Agricultural Technology [2750]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository