PENGARUH METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EACHING (WBT) VITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 JEMBER SISWA KELAS XI SMAN 1 JEMBER
Abstract
Biologi merupakan bagian dari sains yang menyediakan berbagai
pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Menurut Syamsuri
(2004: V) dalam pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses siswa
dituntut untuk aktif dalam mendapatkan data dan konsep-konsep biologi.
Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat
melibatkan aktivitas siswa, baik aktivitas fisik maupun mental emosional siswa.
WBT merupakan salah satu metode pembelajaran yang dikenalkan di Amerika
utara sejak 1999. Konsep tersebut mengajarkan adanya metode pembelajaran
dengan cara mengenali prinsip belajar anak didik yang dibagi menjadi tiga bagian
yaitu visual, verbal, dan body/kinestetic (Biffle, 2010:1).
Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh
metode WBT terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh metode WBT terhadap aktivitas dan hasil
belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN I Jember dengan
pertimbangan SMA tersebut merupakan R SMA BI dengan siswa yang aktif dan
kreatif. Adapun waktu penelitian yaitu pada bulan April semester 2 tahun ajaran
2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penentuan daerah penelitian
menggunakan Purposive Sampling Area. Penentuan responden penelitian
menggunakan teknik Random Sampling dan diperoleh responden penelitian yaitu
kelas XI IPA 5 sebagi kelas eksperimen serta kelas XI IPA 6 sebagi kelas kontrol.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan
tes. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
metode
Whole Brain Teaching (WBT) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas
belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jember pada materi Sistem Indera (F
= 41,3
>
F
t0,05
= 3,98, t
test
= 6,19 > t
= 1,67). Rerata aktivitas belajar siswa kelas
eksperimen sebesar 89,51 (± 4,19) dan kelas kontrol rerata aktivitas belajar siswa
sebesar 83,81 (± 3,51). Penggunaan metode WBT juga berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jember pada materi
Sistem Indera (
F
0
= 5,64 > F
0,05
t0,05
= 3,98, t
viii
test
= 4,49 > t
= 1,67). Rerata hasil
belajar siswa kelas eksperimen sebesar 85,56 (± 6,63) dan kelas kontrol rerata
hasil belajar siswa sebesar 78,54 (± 9,99).