Show simple item record

dc.contributor.authorFathurrosi
dc.date.accessioned2014-01-18T02:02:10Z
dc.date.available2014-01-18T02:02:10Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210191046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16611
dc.description.abstractDidalam proses pembelajaran, kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal sering ditemukan. Khususnya dalam mata pelajaran matematika subpokok bahasan sudut. Kesalahan-kesalahan siswa dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, antara lain: kesalahan karena pengetahuan dasar yang kurang, kesalahan pemahaman konsep, kesalahan penggunaan data, kesalahan hitung, kesalahan pengertian bahasa dan kesalahan lainnya. Kurangnya pemahaman terhadap materi pelajaran membuat siswa merasa kesulitan menyelesaikan soal-soal sehingga hal ini bisa menjadi kendala terhadap prestasi belajar siswa. Jenis kesalahan yang diteliti adalah kesalahan hitung, kesalahan konsep, keslahan proses, dan kesalahan lainnya. Pada penelitian ini diterapkan Metode Gal’perin, dimana proses pembelajaran berlangsung empat tahapan yaitu orientasi, latihan, umpan balik, dan lanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Gal’perin, tingkat kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal subpokok bahasan sudut, dan ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan Metode Gal’perin. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 3 Bangsalsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Pada setiap siklus dilaksanakan observasi kegiatan guru, aktivitas siswa, dan tes akhir siklus. Pengambilan data dimulai tanggal 30 Nopember 2011 sampai tanggal 25 April 2012. Data dari hasil tes, yang dilakukan setelah kegiatan pembelajaran, dikelompokkan berdasarkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa yang meliputi kesalahan hitung, kesalahan konsep, kesalahan proses, dan kesalahan lainnya. Berdasarkan hasil tes akhir siklus 1 dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal subpokok bahasan sudut dengan rincian sebagai berikut; kesalahan hitung sebesar 11,67%, kesalahan konsep sebesar 94.50%, kesalahan proses sebesar 12,50%, dan kesalahan lain sebesar 36,67%. Sedangkan kesalahan yang dilakukan siswa mengalami penurunan pada tes akhir siklus 2 dengan rincian sebagai berikut; kesalahan hitung sebesar 6,25%, kesalahan konsep sebesar 5,21%, kesalahan proses sebesar 4,17%, dan kesalahan lain sebesar 19,79%. Kondisi ini menunjukkan bahwa persentase kesalahan siswa semakin berkurang dari siklus I ke siklus II. Data hasil observasi dibedakan menurut aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru, pada siklus I mencapai 97,22% dan menurun pada siklus II menjadi 92,55%. Hal ini dikarenakan pada siklus II, guru tidak menganalogkan konsep materi pelajaran dengan pengetahuan yang dikenal oleh siswa. Selain itu, guru juga tidak menyuruh siswa membuat ringkasan diakhir pertemuan. Aktivitas siswa baik secara individu maupun kelompok mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa (individu) meningkat dari 76,85% menjadi 85,14%, dan aktivitas siswa (kelompok) meningkat juga dari 79,63% menjadi 82,64%. Hal di atas telah membuktikan bahwa Metode Gal’perin efektif untuk menurunkan tingkat kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal subpokok bahasan sudut pada siswa kelas VIIA SMPN 3 Bangsalsari yang terlihat dari adanya penurunan persentase kesalahan siswa dan peningkatan aktivitas siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191046;
dc.subjectMetode Gal’perin, Tingkat Kesalahan Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN METODE GAL’PERIN UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SUB POKOK BAHASAN SUDUT PADA SISWA KELAS VII A SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 BANGSALSARI JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record