Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 12001-12020 of 15392
-
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA DeNGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN KETING 01 JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-19)Kegiatan belajar mengajar di SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan karena ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PETA PADA SISWA KELAS V SDN 1 KALIMAS KABUPATEN SITUBONDO
(2013-12-09)Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Kalimas Kecamatan Besuki pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini dimulai pada tanggal 28 Oktober 2010 sampai tanggal 16 November 2011. Subjek ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERJASAMA DI SEKOLAH DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS 3 SDN AJUNG 04 KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-19)Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas 3 SDN Ajung 04 Kalisat disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi sehingga mengakibatkan rendahnya ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERJASAMA DI SEKOLAH DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS 3 SDN AJUNG 04 KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2014-01-24)Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas 3 SDN Ajung 04 Kalisat disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi sehingga mengakibatkan rendahnya ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
(2014-01-24)Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar .siswa disebabkan oleh beberapa hal yaitu : 1. Metode pembelajaran yang diterapkan disekolah yang masih berpusat pada guru dan siswa menjadi ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
(2013-12-09)Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebonsari 01 Jember, di mulai pada tanggal 7 Mei sampai tanggal 14 Mei 2011 subjek penelitian adalah ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN RAMBIGUNDAM 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-19)Kegiatan pembelajaran di SDN Rambigundam 03 Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP SDN KEPATIHAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2013-12-09)Tujuan Dilakukan penelitian penelitian ini adalah 1). Untuk Meningkatan Aktivitas Belajar IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING GROUP DENGAN PERMAINAN LEMPAR DADU PADA SISWA KELAS IV SDN SUKOREJO 03 KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER
(2013-12-08)Rendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Sukorejo 03 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, media yang digunakan sangat sederhana sehingga ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING GROUP DENGAN PERMAINAN LEMPAR DADU PADA SISWA KELAS IV SDN SUKOREJO 03 KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER
(2013-10-25)Rendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Sukorejo 03 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, media yang digunakan sangat ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING GROUP DENGAN PERMAINAN LEMPAR DADU PADA SISWA KELAS IV SDN SUKOREJO 03 KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER
(2013-12-17)Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Brainstorming Group pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PENGELOMPOKAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI SDN JEMBER KIDUL 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011
(2014-01-25)Aktivitas belajar yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang membangkitksn keaktifan siswa. ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PENGELOMPOKAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI SDN JEMBER KIDUL 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011
(2013-12-06)Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Kidul 04 Kelas V yang terdiri dari 30 siswa, 18 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Proses pembelajarannya siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN DUKUHDEMPOK 05 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2013-12-06)Penelitian ini menggunakan desain PTK dari model Hopskin, dan prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, tetapi jika pada prakteknya, siklus dua siswa belum mencapai hasil belajar sesuai SKM maka siklus akan ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Komunikasi melalui Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Media CD Interaktif pada Siswa Kelas IV SDN Dukuhdempok 05 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011
(2014-01-17)Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada SDN Dukuhdempok 05 Wuluhan Jember, didapat hasil bahwa aktivitas dan hasil siswa yang kurang dari KKM, disisi lain kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRASPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBER
(2014-01-23)Menurunya aktivitas dan nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran dan media pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Sehingga pemahaman ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRASPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBER
(2013-12-05)Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dengan mengunakan media ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE-A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV A SDN KENCONG 02 JEMBER
(2013-12-20)Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar. Banyak yang berpendapat bahwa IPS merupakan pembelajaran yang membosankan, sebenarnya kebosanan bukan disebabkan oleh materinya ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Sumber Daya Alam Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples dengan Bantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV di SDN Kencong 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 210/2011
(2014-01-21)Ketidakberanian siswa untuk bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dimengerti karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang bicara sendiri dengan teman sebangku daripada mendengar ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Sumber Daya Alam Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples dengan Bantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV di SDN Kencong 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 210/2011
(2014-01-21)Ketidakberanian siswa untuk bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dimengerti karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang bicara sendiri dengan teman sebangku daripada mendengar ...