• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Komunikasi melalui Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Media CD Interaktif pada Siswa Kelas IV SDN Dukuhdempok 05 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (47)x_1.pdf (670.8Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Haris Setiawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada SDN Dukuhdempok 05 Wuluhan Jember, didapat hasil bahwa aktivitas dan hasil siswa yang kurang dari KKM, disisi lain kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang kualitas pendidikan juga menjadi faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pendidikan secara kompeheresif. Setelah masalah diidentifikasi maka disusunlah rumusan masalah; Dari uraian diatas maka disusunlah tujuan dari penelitian ini; viii Penelitian ini menggunakan desain PTK dari model Hopskin, dan prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, tetapi jika pada prakteknya, siklus dua siswa belum mencapai hasil belajar sesuai SKM maka siklus akan dilanjutkan sampai hasil belajar mencapai SKM. Penelitian ini memiliki 4 tahapan.Yaitu: Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 70% selanjutnya pada siklus II KKM dinaikkan menjadi 75 dengan KKM semula 65% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%. Selisih peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20%. Sedangkan hasil belajar IPS siswa dapat mecapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 70%, selanjutnya pada siklus II KKM dinaikkan menjadi 75 dengan KKM semula yaitu 65. pada siklus II meningkat menjadi 90%. Selisih peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20%. Kesimpulan dari peneliatian ini, penggunaan metode demonstrasi melalui CD interaktif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dan hasil belajar dapat mecapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65 pada siklus I, dan pada siklus II dengan KKM ≥75. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini ada beberapa saran yang perlu dipertimbangkan bagi guru, guru perlu menyusun lembar kerja siswa dengan langkah-langkah yang dapat membimbing siswa untuk menemukan konsep sendiri dan guru juga perlu memperhatikan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran, di sisi lain juga hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15635
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15383]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository