Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 11017-11036 of 14934
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) SUB POKOK BAHASAN LINGKARAN SMP KELAS VIII
(2013-12-24)Secara umum proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bangsalsari berjalan baik. Siswa-siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bangsalsari cukup aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal itu tercermin pada ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Sub Pokok Bahasan Lingkaran SMP Kelas VIII
(2013-12-30)Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan bangsa yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. Oleh karena itu, pembaruan di bidang pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBASIS KARAKTER TELITI DAN PERCAYA DIRI PADA SUB POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP
(2014-07-14)Berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, LKS, THB berturut-turut adalah 4,3; 4,22; 4,35. Persentase aktivitas guru pada pertemuan I, II dan III secara berturut-turut adalah ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM SOLVING PERFORMANCE MODELLING PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 JEMBER
(2016-11-14)Mutu pendidikan matematika dapat ditingkatkan melalui pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penilaian Programme International for Student Assessment (PISA) tahun 2012, Indonesia berada pada urutan ke-64 dari 65 ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM SOLVING PERFORMANCE MODELLING PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 JEMBER
(2016-11-14)Mutu pendidikan matematika dapat ditingkatkan melalui pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penilaian Programme International for Student Assessment (PISA) tahun 2012, Indonesia berada pada urutan ke-64 dari 65 ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM SOLVING PERFORMANCE MODELLING PADA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 JEMBER
(2016-08-22)Paradigma yang beredar di masyarakat luas adalah matematika merupakan ilmu yang susah untuk dipelajari, sehingga kebanyakan orang memilih untuk menghindari mempelajari matematika karena berkutat dengan hafalan rumus ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) SETTING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SUB POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SEMESTER GENAP
(2013-12-24)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika model SFAE setting CTL pada sub pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII semester genap. Selain itu, untuk mengetahui hasil ... -
“Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) setting Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Sub Pokok Bahasan Prisma dan Limas kelas VIII Semester Genap”
(2013-12-30)Pada umumnya, banyak siswa yang menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Selama ini pembelajaran matematika lebih cenderung menggunakan konsep pembelajaran terpusat pada guru. Guru ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MODEL MEA (MEANS-ENDS ANALYSIS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH POKOK BAHASAN PELUANG UNTUK SISWA SMA KELAS X
(2015-12-03)Pendidikan matematika memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Melalui pembelajaran matematika, siswa diajarkan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, praktis, kreatif, efektif dan efisien dalam ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pendekatan Saintifik Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Koneksi Matematika Siswa SMK Kelompok Kesehatan
(2018-11-07)Banyak para ahli yang meyakini bahwa melalui pendekatan saintifik /ilmiah, selain dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam mengkonstruksikan pengetahuan dan keterampilannya, juga dapat mendorong siswa untuk melakukan ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS GARIS PADA SEGITIGA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BERDASARKAN METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMP
(2013-12-04)Latar belakang yang mendukung untuk dilakukannya pengembangan perangkat pembelajaran adalah berdasarkan observasi yang telah dilakukan di sekolah. Sebagian besar guru hanya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI KELAS X SMA BERSTANDAR NCTM (NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICS)
(2013-12-24)Tingkat efektifitas perangkat pembelajaran diperoleh dari rekapitulasi hasil persentase aktivitas siswa, angket respon siswa, dan Tes Hasil Belajar. Dari hasil aktivitas siswa, diperoleh persentase 9 aktivitas siswa ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA Berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics)
(2014-01-22)Berdasarkan kurikulum yang diterapkan saat ini yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran di kelas diharapkan dapat mengaktifkan dan mengembangkan nalar ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA Berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). Indah Syurya Ningsih; 0902101010
(2013-12-27)Berdasarkan kurikulum yang diterapkan saat ini yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran di kelas diharapkan dapat mengaktifkan dan mengembangkan nalar ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA POKOK BAHASAN PERSEGIPANJANG DAN PERSEGI DI KELAS VII
(2013-12-27)Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika Realistic Mathematics Education (RME) pada pokok bahasan persegipanjang dan persegi di kelas VII, (2) menghasilkan perangkat ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pokok Bahasan Persegipanjang Dan Persegi Di Kelas VII.
(2013-12-24)Materi segi empat adalah salah satu materi yang diberikan di kelas VII SMP dalam kurikulum KTSP. Untuk materi segi empat, standar kompetensi yang ingin dicapai dalam kurikulum KTSP adalah memahami konsep segi empat ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMP
(2014-03-27)Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada pendekatan pembelajaran matematika realistik pokok bahasan lingkaran berupa RPP, LKS, ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP
(2014-01-23)Selama ini pengelolaan pembelajaran matematika di kelas mengikuti urutan sajian berikut: pembelajaran dimulai dari pemberian teori/teorema/definisi, kemudian contoh-contoh dan terakhir siswa diberikan soal-soal latihan. ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP
(2013-12-12)Selama ini pengelolaan pembelajaran matematika di kelas mengikuti urutan sajian berikut: pembelajaran dimulai dari pemberian teori/teorema/definisi, kemudian contoh-contoh dan terakhir siswa diberikan soal-soal ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI LUAS PERMUKAAN PRISMA TEGAK DAN LIMAS BERORIENTASI METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY LEARNING) KELAS VIII SMP
(2014-01-29)Pada umumnya pembelajaran yang dilakukan guru disekolah masih bersifat konvensional. Metode pembelajaran yang dipakai biasanya dimulai dari pemberian teori, kemudian contoh soal, dan terakhir diberikan soal-soal latihan. ...