PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI KELAS X SMA BERSTANDAR NCTM (NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICS)
Abstract
Tingkat efektifitas perangkat pembelajaran diperoleh dari rekapitulasi hasil
persentase aktivitas siswa, angket respon siswa, dan Tes Hasil Belajar. Dari hasil
aktivitas siswa, diperoleh persentase 9 aktivitas siswa selama pembelajaran pada
pertemuan pertama sampai pertemuan keempat adalah antara 10% – 20%, maka dapat
disimpulkan bahwa aktivitas siswa yang diamati selama pembelajaran dikatakan baik.
Sedangkan dari analisis angket yang telah diisi oleh 36 siswa diperoleh bahwa ˃ 80%
siswa menunjukkan respon/hasil positif terhadap pembelajaran matematika dengan
model pembelajaran berstandar NCTM. Berdasarkan hasil analisis validitas butir soal
THB, keseluruhan perangkat THB dikatakan valid atau dapat mengukur dengan tepat
tujuan pembelajaran yang diterapkan. Hasil analisis reliabilitas THB diperoleh nilai
= 0,98 dengan kategori “sangat tinggi”. Dengan demikian, instrumen THB tersebut
dapat dikatakan reliabel artinya memiliki keajegan yang sangat tinggi untuk digunakan
sebagai alat penilaian hasil belajar siswa. Hasil analisis nilai THB terhadap 36 siswa di
kelas X – 6, 91,67% siswa (33 siswa) mendapat nilai di atas 60 dan hanya 8,33% siswa
(3 siswa) mendapat nilai di bawah 60. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dapat
memahami materi yang telah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
berstandar NCTM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
berstandar NCTM materi trigonometri ini dikatakan baik karena telah memenuhi
standar rata-rata ketuntasan hasil belajar dan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan dapat dikatakan valid, efektif, dan efisien.