ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NATASHA SKIN CARE JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
dipertimbangkan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian
produk Natasha Skin Care Jember. Untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk
Natasha Skin Care Jember adalah dengan menggunakan analisis faktor.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengambil keputusan
pembelian produk Natasha Skin Care Jember. Penelitian ini dilakukan
dengan mengambil responden sebanyak 65 responden dengan metode
purposive sampling dengan kriteria responden berusia 17 tahun dan
responden adalah pengambil keputusan pembelian diperuntukkan bagi
wanita dan telah melakukan perawatan kecantikan kulit di Natasha Skin
Care lebih dari satu kali.
Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan analisis faktor.
Analisis faktor pada prinsipnya digunakan untuk mereduksi data, yaitu
proses untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit dan
menamakannya sebagai faktor. Dalam penelitian ini analisis faktor
digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan
konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk Natasha Skin
Care Jember.
Penelitian ini menggunakan 13 variabel dan dihalsilkan lima faktor baru
yang dibentuk, yaitu faktor kenyamanan, faktor bukti fisik, faktor daya
tarik, faktor fasilitas dan faktor lingkungan yang nantinya penelitian ini
diharapkan lebih mampu meningkatkan kelima faktor yang sudah
dibentuk.