ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN TAHAPAN PADA PT BANK CENTRAL ASIA CABANG PROBOLINGGO
Abstract
Citra pembuat (corporate image), Citra pemakai (user image) dan Citra produk (product
image) merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui dan menganalisis brand
image (citra merek) dalam mengambil keputusan memilih jasa perbankan. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji pengaruh citra pembuat, citra pemakai dan citra produk terhadap
keputusan nasabah dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda.
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebesar 84 responden.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel citra pembuat, citra pemakai, dan
citra produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
nasabah dengan nilai F
= 12,944 dan nilai signifikan 0,00. Secara parsial variabel
citra pembuat tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai t
hitung = 1,275 < t = 1,671. Variabel citra pemakai berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai t tabel hitung = 2,604 > t = 1,671. Variabel citra produk berpengaruh terhadap keputusan
nasabah dengan nilai t tabel hitung
= 2,091 > t
tabel
= 1,671.