PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL TEACHING PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 1 GUMUKMAS TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Pendidikan mempunyai peran penting dalam menentukan kualitas sumber daya
manusia. Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang memiliki peran penting
dalam membentuk pola pikir siswa. Pada pembelajaran konvensional sering kita
jumpai tidak terdapatnya keseimbangan antara subjek didik dengan pendidik. Hal ini
terjadi karena pendidik cenderung hanya memberikan atau memindahkan informasi
sebanyak-banyaknya kepada subjek didik sehingga subjek didik terlihat pasif.
Untuk mengatasi masalah pendidikan khususnya dalam pembelajaran
matematika perlu dilakukan perubahan-perubahan, salah satunya adalah dalam
strategi pembelajaran, pendidik yang semula aktif dalam pembelajaran haruslah
hanya menjadi fasilitator ataupun motivator dalam proses belajar mengajar, jadi
pendidik hanya membantu siswa dalam belajar dengan cara menciptakan lingkungan
belajar yang kondusif, memilih strategi pembelajaran serta memberikan motivasi agar
siswa dapat belajar dengan baik, sedangkan siswa yang semula pasif dituntun oleh
pendidik untuk menjadi aktif, sehingga siswa dapat menemukan, membahas, dan
memecahkan sendiri masalah yang dihadapi.
Materi yang ditentukan pada penelitian ini adalah pokok bahasan kubus dan
balok pada SMP kelas VIII semester genap, karena materi ini cocok dengan metode
reciprocal teaching.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(
PTK)
.
Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yaitu
rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1
gumukmas yang berjumlah 34 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan
data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode tes.
Pengambilan data dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, data yang diambil
meliputi aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Data-data tersebut
akan di analisis dan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I belum mencapai standar yang ditentukan,
dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,90%. Rata-rata hasil belajar siswa masih
kurang. Tidak tercapainya standar yang ditentukan karena siswa belum terbiasa
dengan metode yang dipakai dan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal ulangan,
kurang teliti dan kurang lengkap dalam menjawab serta ketidaksiapan siswa dalam
menghadapi tes. Dalam pembelajaran siswa kurang aktif, kurang aktifnya siswa dapat
dilihat pada saat pembelajaran berlangsung. Revisi perencanaan dan tindakan
dilakukan dengan memberikan lebih banyak bimbingan kepada kelompok yang
kurang aktif, agar terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan dalam kerja
kelompok pada siklus II. Pada siklus II ini hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal diperoleh sebesar 91,10%.
Keaktifan siswa pada siklus II meningkat dibandingkan siklus sebelumnya.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penelitian
Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Reciprocal Teaching
pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 1 Gumukmas Tahun
Ajaran 2011/2012 ini mampu meningkatkan aktivitas siswa dan guru serta dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Gumukmas.