• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KAJIAN USAHA PRODUKSI MOBILE RMU (RICE MILLING UNIT) STUDI KASUS DI DESA GUMELAR KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    aldyperdan_1.pdf (53.20Kb)
    Date
    2014-01-12
    Author
    ALDY PERDANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu upaya untuk menekan kehilangan pasca panen adalah meningkatkan teknologi yang digunakan oleh petani. Dalam hal ini unit penggiling padi bergerak (mobile rice milling unit) merupakan salah satu alat dan mesin pertanian dalam penanganan pasca panen. Di dalam persaingan usaha produksi mobile RMU diperlukan peningkatan kualitas sehingga dapat bersaing dengan rumah produksi yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari aspek ekonomis dan mengetahui sistem pemasaran pada produksi mobile RMU. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pemilik usaha, pemerintah daerah dan peneliti. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu menggunakan metode pengamatan yang berfungsi untuk menentukan tempat lokasi penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling, metode wawancara dengan menggunakan kuisioner yang ditujukan kepada pemilik usaha dan studi pustaka. Dari metode yang digunakan kemudian data dianalisis secara ekonomi yang meliputi analisis biaya dan pendapatan dan analisis kelayakan sedangkan sistem pemasaran dianalisis secara diskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, membuktikan bahwa unit usaha mobile RMU di daerah penelitian layak secara ekonomis dan investasi yang dikeluarkan pada unit usaha pembuatan mobile RMU antara Rp. 15,29 juta sampai dengan Rp 37,4 juta. Pemasaran hasil produk mobile RMU di masing-masing unit usaha yaitu menggunakan kebijaksanaan produk, kebijaksanaan harga dan kebijaksanaan saluran distribusi. Sedangkan untuk kebijaksanaan promosi tidak begitu diperhatikan dalam pemasaran produk mobile RMU ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14072
    Collections
    • UT-Faculty of Agricultural Technology [2741]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository