Show simple item record

dc.contributor.authorKENDID MAHMUDI
dc.date.accessioned2013-12-30T01:30:59Z
dc.date.available2013-12-30T01:30:59Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM080210192005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13677
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran yang menerapkan Lesson Study menggunakan model PBL (problem based learning), (2) Untuk mengkaji pengaruh aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran yang menerapkan Lesson Study menggunakan model PBL (problem based learning) dalam pembelajaran Fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah Quasy eksperimen dan populasi ditentukan dengan tekhnik purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Jember. Penentuan sampel penelitian dengan purposive sampling area. Rancangan penelitian menggunakan time series design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji t di peroleh nilai t hitung pada masing-masing pertemuan, pertemuan pertama t hitung sebesar 4,003, pada pertemuan kedua sebesar 4,964, pada pertemuan ketiga sebesar 5,087, dan pada pertemuan keempat sebesar 5,849 dengan db=33 pada taraf signifikansi 5% nilai thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎 ) diterima. Hasil analisis aktivitas belajar siswa sebesar 90,60%, hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat dikatakan aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan Lesson Study menggunakan PBL (Problem Based Learning) pada pembelajaran Fisika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (2) Penerapan Lesson Study menggunakan PBL (Problem Based Learning) pada pembelajaran Fisika berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192005;
dc.subjectModel PBL (Problem Based Learning), Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN LESSON STUDY MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record