Show simple item record

dc.contributor.authorARVIAN TIKARISNANDYA
dc.date.accessioned2013-12-27T07:47:47Z
dc.date.available2013-12-27T07:47:47Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210192019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13537
dc.description.abstractPenelitian ini diterapkan pada semeseter genap tahun ajaran 2012/2013 pada pokok bahasan gaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif komparatif. Prosentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Analisis data pada siklus 1 menunjukan bahwa kemampuan multirepresentasi fisika siswa kelas VIII-G telah mengalami peningkatan. Prosentase peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika dari pra siklus sebesar 33,33% dan pada siklus 1 menjadi 60% namun masih belum dapat dikatakan tuntas karena masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥75%. Prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 2 juga mengalami peningkatan dari 60% pada siklus 1 menjadi 83,33% pada siklus 2. Siklus 2 ini sudah dapat dikatakan tuntas karena prosentase kriteria ketuntasan minimal ≥75%. Siklus 2 2 ini sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal maka telah di adakan siklus 3 yaitu siklus pemantapan menggunakan model pembelajaran CIRC berbasis multirepresentasi dengan prosentase ketuntasan hasil belajar 86,67% dan dihitung dengan N-gain sebesar 0,67 tergolong peningkatan dalam kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Peningkatan representasi verbal fisika siswa di kelas VIII-G dalam kategori sedang, (2) peningkatan representasi matematik fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori tinggi, (3) peningkatkan representasi gambar fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori sedang, (4) peningkatkan representasi grafik fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori sedang, (5) peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-G peningkatanya dalam kategori sedang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192019;
dc.subjectTipe CIRC, Multirepresentasi, Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CIRC BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII-G DI SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record