• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE SNOWBALL TRHOWING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Anisatul Farida_1.pdf (737.7Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Anisatul Farida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan pengembangan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase aktivitas belajar siswa untuk menjawab rumusan masalah pertama, uji paired samples t test untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan menggunakan persentase retensi hasil belajar untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 77,8% dan termasuk pada kriteria aktif. Hasil analisis data menggunakan uji paired samples t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau < 0,05 jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran model problem solving dengan metode snowball throwing terhadap hasil belajar IPA fisika siswa (Ha diterima, Ho ditolak). Hasil analisis retensi hasil belajar diperoleh persentase retensi hasil belajar IPA fisika siswa di kelas VII A sebesar 89,9% dan tergolong kuat. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Aktivitas belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Jember selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan Model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing termasuk dalam kriteria aktif. 2) Ada pengaruh signifikan model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA fisika di SMP. 3) Retensi hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Jember dalam pembelajaran fisika menggunakan Model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing termasuk dalam kategori kuat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13526
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository