Show simple item record

dc.contributor.authorAnisatul Farida
dc.date.accessioned2013-12-27T07:40:17Z
dc.date.available2013-12-27T07:40:17Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM070210192132
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13526
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan pengembangan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase aktivitas belajar siswa untuk menjawab rumusan masalah pertama, uji paired samples t test untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan menggunakan persentase retensi hasil belajar untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 77,8% dan termasuk pada kriteria aktif. Hasil analisis data menggunakan uji paired samples t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau < 0,05 jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran model problem solving dengan metode snowball throwing terhadap hasil belajar IPA fisika siswa (Ha diterima, Ho ditolak). Hasil analisis retensi hasil belajar diperoleh persentase retensi hasil belajar IPA fisika siswa di kelas VII A sebesar 89,9% dan tergolong kuat. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Aktivitas belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Jember selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan Model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing termasuk dalam kriteria aktif. 2) Ada pengaruh signifikan model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA fisika di SMP. 3) Retensi hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Jember dalam pembelajaran fisika menggunakan Model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing termasuk dalam kategori kuat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192132;
dc.subjectPROBLEM SOLVING, METODE SNOWBALL TRHOWING, FISIKAen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE SNOWBALL TRHOWING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record