KEMAMPUAN MAHASISWA PPL DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DAN TINGKAT KETEPATANNYA DALAM IMPLEMENTASI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN CAPAIAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (SMA Negeri di Kota Jember)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana tingkat
ketepatan implementasi model pembelajaran yang diterapkan mahasiswa PPL biologi
dan hubungan tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran yang diterapkan
mahasiswa PPL terhadap hasil belajar siswa biologi. Penelitian dilakukan di SMA
Negeri di wilayah kota Jember pada bulan November 2012. Sekolah yang dipilih
sebagai tempat penelitian yaitu SMA Negeri Arjasa, SMA Negeri 4 dan 5 Jember.
Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Metode penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive sampling area.
Responden dalam penelitian ini berjumlah 12 orang. Kegiatan pengumpulan data
dilakukan dengan metode kuesioner, dokumentasi, dan observasi mengajar. Data
yang telah diperoleh dianalsis dengan analisis statistik korelasi Pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan
oleh mahasiswa PPL biologi antara lain yaitu: model pembelajaran langsung, model
pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, Teams Games Tournament,
dan Student Teams Achievement Division. Berdasarkan hasil rekapitulasi penggunaan
model pembelajaran bahwa mahasiswa PPL yang menggunakan model pembelajaran
langsung mempunyai persentase 40,9%, NHT mempunyai presentase 18,2%, TGT
mempunyai persentase 9,1 %, dan STAD mempunyai persentase 31,8%. Dari hasil
analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan (P > 0,05)
antara tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran terhadap hasil belajar
siswa dengan nilai P = 0,690 dan memiliki nilai r = 0,09 yang berarti bahwa tingkat
ketepatan implementasi model pembelajaran mempunyai korelasi yang sangat rendah
terhadap hasil belajar siswa biologi.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran yang digunakan oleh
mahasiswa PPL adalah pembelajaran langsung, NHT, TGT, dan STAD serta tingkat
ketepatan implementasi model pembelajaran yang diterapkan oleh mahasiswa PPL
biologi tidak berkorelasi terhadap hasil belajar siswa.