PENGUASAAN GURU BIOLOGI SMA SWASTA KABUPATEN JEMBER TENTANG ASESMEN PORTOFOLIO DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan Penguasaan guru Biologi SMA swasta terhadap asesmen portofolio meliputi pengertian asesmen portofolio hasilnya adalah 73% dengan kriteria cukup baik, tujuan penilaian asesmen portofolio sebesar 35% dengan
ix kriteria tidak baik, definisi portofolio dengan persentase 73% dengan kriteria cukup baik, sistematika penyusunan portofolio persentasenya 50% dengan kriteria kurang baik serta penjabaran unsur portofolio sebesar 35% dengan kriteria tidak baik. Kendala yang mempengaruhi penguasaan guru Biologi SMA swasta terhadap
asesmen portofolio antara lain efisiensi waktu dengan persentase sebesar 86% dengan
kriteria sangat mempengaruhi, kemudian ketidaksesuaian materi dengan bentuk
asesmen portofolio sebesar 73% dengan kriteria cukup mempengaruhi, serta kesulitan
melakukan penilaian yang persentasenya sebesar 60% dengan kriteria cukup mempengaruhi.