KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR KALIMAT DEKLARATIF SISWA KELAS XI SMA KATOLIK SANTO PAULUS JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010
Abstract
Di dalam dunia pendidikan, mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan 
penunjang bagi keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar bidang studi 
lainnya. Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen 
kemampuan berbahasa dan kemampuan  bersastra yang meliputi empat aspek 
keterampilan, yaitu: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara 
keempat keterampilan tersebut, keterampilan membaca merupakan salah satu 
keterampilan yang bersifat pasif reseptif. Salah satu komponen bahasa yang 
dipelajari di dalam kegiatan membaca yaitu analisis struktur kalimat. Pemahaman 
struktur kalimat sangat diperlukan  oleh siswa untuk menunjang kemampuan 
menulis dan berbicara. Pada hakikatnya, kemampuan siswa dalam menganalisis 
struktur kalimat dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu kemampuan dalam 
menganalisis struktur kalimat berdasarkan unsur fungsional dan unsur kategorial. 
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa kelas XI 
SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun ajaran 2009/2010 dalam menganalisis 
struktur kalimat deklaratif. Secara  khusus, penelitian ini bertujuan untuk 
mendeskripsikan: (1) kemampuan siswa  kelas XI SMA Katolik Santo Paulus 
Jember tahun ajaran 2009/2010 dalam menganalisis struktur kalimat berdasarkan 
unsur fungsional kalimat; (2) kemampuan siswa kelas XI SMA Katolik Santo 
Paulus Jember tahun ajaran 2009/2010 dalam menganalisis struktur kalimat 
berdasarkan unsur kategorial kata atau frasa; dan (3) faktor yang melatarbelakangi 
kemampuan siswa kelas XI SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun ajaran 
2009/2010 dalam menganalisis struktur kalimat deklaratif. 
Dalam penelitian ini, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 32 orang 
dengan perincian 16 laki-laki dan 16 perempuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampel. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui 
dua tahap. Penelitian tahap I dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2010. 
Penelitian tahap II dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2010. Penelitian 
dilaksanakan di SMA Katolik Santo Paulus, Jalan Trunojoyo 22C Jember. Pada 
penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, 
tes, observasi, dan wawancara. Analisis data memanfaatkan gabungan antara 
metode analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Analisis 
deskriptif kuantitatif digunakan untuk  menghitung skor dari jawaban responden 
sedangkan analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengetahui faktor yang 
melatarbelakangi kemampuan siswa. 
Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan siswa kelas XI SMA Katolik 
Santo Paulus dalam menganalisis struktur kalimat deklaratif, baik berdasarkan 
unsur fungsional maupun unsur kategorial tergolong pada kategori kurang 
mampu. Evaluasi hasil belajar menunjukkan bahwa mayoritas nilai siswa berada 
di rentangan skor antara 40-55. Faktor utama yang menyebabkan siswa kurang 
mampu dalam menganalisis struktur kalimat yaitu berasal dari faktor internal dan  
faktor  eksternal belajar. Faktor internal belajar berkaitan dengan rendahnya 
motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa.  Faktor eksternal belajar ini berkaitan 
dengan sistem pembelajaran. Di SMA Katolik Santo Paulus, sistem 
pembelajarannya lebih mengedepankan  kemampuan komunikatif daripada 
pengetahuan gramatikal. 
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Katolik Santo 
Paulus Jember kurang mampu dalam menganalisis struktur kalimat deklaratif. 
Ketidakmampuan siswa tersebut karena dilatarbelakangi oleh faktor internal dan 
eksternal belajar. 
Sesungguhnya, pemahaman struktur kalimat sangat diperlukan oleh siswa 
untuk memperlancar kemampuan berbahasa  baik secara tertulis maupun lisan. 
Oleh karena itu, penelitian ini perlu ditindaklanjuti dengan cara melakukan 
perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan memberikan materi 
pelajaran tata bahasa yang mencakup materi analisis struktur kalimat berdasarkan 
unsur fungsional dan unsur kategorial kata/frasa.