• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA SUB POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI SATU ATAP TANGGUL KELAS VII B SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Dyna Probo Mukti_1.pdf (101.4Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Dyna Probo Mukti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil analisis data persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 ke siklus 2 yakni dari 62,85% (termasuk dalam kriteria cukup aktif) sampai 84,19% (termasuk dalam kriteria sangat aktif). Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil analisis data mengenai persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa, baik pada kuis dan tes akhir siklus juga diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan-kesalahan yang selama ini dilakukan oleh siswa kelas VII B di SMP Negeri Satu Atap Tanggul dapat diatasi. Pada kuis 1 rata-rata sebesar 50,85%, kuis 2 rata-rata sebesar 41,78%, kuis 3 rata-rata sebesar 37,49%, kuis 4 rata-rata sebesar 24,28%, tes akhir 1 43,03%, dan tes akhir 2 23,92%. Berdasarkan hasil wawancara bahwa yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan terbanyak adalah siswa kurang memahami konsep materi, terburu-buru, kurang berkonsentrasi, kurang teliti dalam mengerjakan soal, kurang memahami teknik berhitung matematika dan kurang teliti dalam memasukkan data yang ada pada soal untuk diselesaikan akibatnya hasil akhir pada pekerjaan siswa tidak tepat dan siswa cenderung putus asa sebelum berusaha mengerjakan soal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11903
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository