• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EMPIRICAL INDUCTIVE LEARNING CYCLE DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    ULFA MAZIDAH - 080210192023 (2)_1.pdf (322.5Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    ULFA MAZIDAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perubahan kurikulum harus pula diikuti oleh guru yang bertanggung jawab atas penyelenggaran pembelajaran di sekolah yaitu orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru (student centered). Sehingga tercermin bahwa pembelajaran sains (Fisika) tidak lagi hanya mengandalkan ceramah, demonstrasi, dan diskusi saja, melainkan lebih pada pengembangan kompetensi khususnya kompetensi ketrampilan proses sains. Pada kenyatannya, dalam pembelajaran fisika siswa jarang melakukan pengalaman belajar secara langsung, sehingga konsep yang dipelajari siswa terasa abstrak akibatnya siswa kesulitan untuk mengusai konsep yang diberikan. Proses pembelajaran yang seperti itu tidak sesuai dengan karakter sains itu sendiri, sehingga akan berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan IPA khususnya fisika, perlu diterapkan model pembelajaran yang menggunakan pengetahuan awal siswa. Sehingga belajar akan lebih bermakna karena dalam proses pembelajarannya siswa akan terlibat aktif dan siswa dapat menemukan pengetahuannya berdasarkan penyelidikan. Adapun model pembelajaran yang diterapkan yaitu model pembelajaran Empirical Inductive Learning Cycle. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji model pembelajaran Empirical Inductive Learning Cycle dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika selama menerapkan model pembelajaran Empirical Inductive Learning Cycle dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purpose sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tenggarang. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan randomized posttest only control group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji Independent Samples t test dengan SPSS 16 dan persentase aktivitas belajar. Perbedaan hasil belajar menggunakan model Empirical Inductive Learning Cycle dapat diketahui berdasarkan uji independent samples t test. Hasil analisa data menggunakan uji independent samples t test diperoleh nilai Sig. 0,009 atau < 0,05 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,026 atau < 0,05 (H a diterima, H ditolak) berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Empirical Induktive Learning Cycle dengan metode eksperimen dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMAN 1 Tenggarang. Selain itu, dalam penelitian ini menghasilkan data berupa aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Empirical Inductive Learning Cycle disertai metode eksperimen yaitu menyampaikan pendapat, bekerjasama, tanggung jawab, merangkai alat, membaca skala pada alat ukur. Hasil analisis persentase aktivitas belajar siswa sebesar 74,29 % dan termasuk kategori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model Empirical Inductive Learning Cycle dengan metode eksperimen, (2) aktivitas belajar siswa kelas X SMAN 1 Tenggarang tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Empirical Inductive Learning Cycle dengan metode eksperimen termasuk dalam kategori aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11481
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository