Show simple item record

dc.contributor.authorULFA MAZIDAH
dc.date.accessioned2013-12-20T08:41:09Z
dc.date.available2013-12-20T08:41:09Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210192023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11481
dc.description.abstractPerubahan kurikulum harus pula diikuti oleh guru yang bertanggung jawab atas penyelenggaran pembelajaran di sekolah yaitu orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru (student centered). Sehingga tercermin bahwa pembelajaran sains (Fisika) tidak lagi hanya mengandalkan ceramah, demonstrasi, dan diskusi saja, melainkan lebih pada pengembangan kompetensi khususnya kompetensi ketrampilan proses sains. Pada kenyatannya, dalam pembelajaran fisika siswa jarang melakukan pengalaman belajar secara langsung, sehingga konsep yang dipelajari siswa terasa abstrak akibatnya siswa kesulitan untuk mengusai konsep yang diberikan. Proses pembelajaran yang seperti itu tidak sesuai dengan karakter sains itu sendiri, sehingga akan berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan IPA khususnya fisika, perlu diterapkan model pembelajaran yang menggunakan pengetahuan awal siswa. Sehingga belajar akan lebih bermakna karena dalam proses pembelajarannya siswa akan terlibat aktif dan siswa dapat menemukan pengetahuannya berdasarkan penyelidikan. Adapun model pembelajaran yang diterapkan yaitu model pembelajaran Empirical Inductive Learning Cycle. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji model pembelajaran Empirical Inductive Learning Cycle dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika selama menerapkan model pembelajaran Empirical Inductive Learning Cycle dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purpose sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tenggarang. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan randomized posttest only control group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji Independent Samples t test dengan SPSS 16 dan persentase aktivitas belajar. Perbedaan hasil belajar menggunakan model Empirical Inductive Learning Cycle dapat diketahui berdasarkan uji independent samples t test. Hasil analisa data menggunakan uji independent samples t test diperoleh nilai Sig. 0,009 atau < 0,05 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,026 atau < 0,05 (H a diterima, H ditolak) berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Empirical Induktive Learning Cycle dengan metode eksperimen dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMAN 1 Tenggarang. Selain itu, dalam penelitian ini menghasilkan data berupa aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Empirical Inductive Learning Cycle disertai metode eksperimen yaitu menyampaikan pendapat, bekerjasama, tanggung jawab, merangkai alat, membaca skala pada alat ukur. Hasil analisis persentase aktivitas belajar siswa sebesar 74,29 % dan termasuk kategori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model Empirical Inductive Learning Cycle dengan metode eksperimen, (2) aktivitas belajar siswa kelas X SMAN 1 Tenggarang tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Empirical Inductive Learning Cycle dengan metode eksperimen termasuk dalam kategori aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192023;
dc.subjectModel Pembelajaran Empirical Inductive Learning Cycle, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EMPIRICAL INDUCTIVE LEARNING CYCLE DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record