PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA VIDEO (AUDIO VISUAL) PADA SISWA KELAS V SDN RAMBIPUJI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Bahasa 
Indonesia untuk SD Kelas V semester 1, Standar Kompetensi yang harus dicapai 
siswa adalah mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara 
tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis. Sedangkan 
Kompetensi Dasar  yang harus dicapai siswa adalah menulis karangan berdasarkan 
pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. Berdasarkan 
Kompetensi Dasar diatas, hal yang harus dicapai siswa adalah siswa dapat menyusun 
karangan khususnya karangan deskripsi yang bertujuan agar siswa dapat 
mengungkapkan pendapat, atau pemikiran yang dimiliki, selain itu dapat 
mengembangkan daya pikir dan kreativitas siswa dalam menulis khusunya menulis 
karangan deskripsi. Berdasarkan kondisi  yang terjadi  dikelas V SDN Rambipuji 02 
ditemukan beberapa permasalahan dalam hal menulis karangan. Diantaranya 1) siswa 
kurangnya minat siswa dalam hal menulis karanga, 2) media yang digunakan guru 
kurang menarik, 3) kurangnya siswa dalam mengemukakan ide dalam suatu 
permasalahan. Dengan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian 
dengan cara penggunaan media pembelajaran yang menarik minat siswa yaitu 
penggunaan media video (audio visual) pada proses pembelajaran. 
Berdasarkan hasil observasi dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu  1) 
bagaimanakah penggunaan media penayangan video (audio visual) yang dapat 
meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas V SDN 
Rambipuji 02 Jember ?  dan  2)  bagaimanakah kemampuan menulis karangan 
deskriptif setelah dilakukan pembelajaran melalui media penayangan video (audio 
visual) pada siswa kelas V SDN rambipuji 02 Jember?.  Tujuan yang ingin dicapai 
dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media penayangan video (audio visual) yang dapat meningkatkan kemampuan menulis 
karangan deskriptif pada siswa kelas V SDN Rambipuji 02 serta untuk mengetahui 
dan mendeskripsikan  peningkatan  kemampuan menulis karangan deskriptif setelah 
dilakukan pembelajaran melalui media penayangan video (audio visual) pada siswa 
kelas V SDN Rambipuji 02 Jember.  
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian 
dilakukan di SDN Rambipuji 02 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Subjek 
penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Rambipuji 02 yang berjumlah 32 siswa. 
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan 
dokumentasi.  Prosedur penelitian yang digunakan ada 4 tahap yaitu : perencanaan, 
tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus 1 dan 
siklus 2. 
Hasil penelitian ini yaitu  siswa dapat termotivasi belajar dengan penggunaan 
media pembelajaran yang digunakan guru, sehingga memotivasi siswa dalam menulis 
karangan deskripsi dan akibatnya hasil belajar siswa untuk siklus 1 mencapai rata-rata 
skor 73,78 dari 32 siswa. Pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar yang hasilnya 
mencapai skor 78,41 secara klasikal dari 32 siswa. Peningkatan tersebut terjadi 
disebabkan guru melakukan strategi pembelajaran yang berbeda  dibandingkan pada 
siklus 1 yaitu dengan meminta siswa secara berkelompok untuk mengamati, melihat, 
menghayati bersama-sama. Tujuannya agar siswa dapat saling  berdiskusi, saling 
memberikan saran dan pendapat pada saat mengamati tayangan video tersebut, 
sehingga dapat memudahkan siswa dalam mengemukakan ide dan pikirannya dalam 
mendeskripsikan video yang ditayangkan.  
Peneliti menyarankan agar  guru SD dapat memanfaatkan media pembelajaran 
yang menarik agar dapat memotivasi semangat belajar siswa; untuk siswa hendaknya 
lebih bersemangat ketika proses pembelajaran dan mengemukakan idenya agar 
pengetahuannya bertambah banyak, tidak perlu malu untuk menyampaikan 
pertanyaan dan pendapat yang dimiliki.
