Show simple item record

dc.contributor.authorSuhendriani
dc.date.accessioned2013-09-23T03:42:02Z
dc.date.available2013-09-23T03:42:02Z
dc.date.issued2013-09-23
dc.identifier.nimNIM090210204187
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1146
dc.description.abstractDalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD Kelas V semester 1, Standar Kompetensi yang harus dicapai siswa adalah mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis. Sedangkan Kompetensi Dasar yang harus dicapai siswa adalah menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. Berdasarkan Kompetensi Dasar diatas, hal yang harus dicapai siswa adalah siswa dapat menyusun karangan khususnya karangan deskripsi yang bertujuan agar siswa dapat mengungkapkan pendapat, atau pemikiran yang dimiliki, selain itu dapat mengembangkan daya pikir dan kreativitas siswa dalam menulis khusunya menulis karangan deskripsi. Berdasarkan kondisi yang terjadi dikelas V SDN Rambipuji 02 ditemukan beberapa permasalahan dalam hal menulis karangan. Diantaranya 1) siswa kurangnya minat siswa dalam hal menulis karanga, 2) media yang digunakan guru kurang menarik, 3) kurangnya siswa dalam mengemukakan ide dalam suatu permasalahan. Dengan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan cara penggunaan media pembelajaran yang menarik minat siswa yaitu penggunaan media video (audio visual) pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu 1) bagaimanakah penggunaan media penayangan video (audio visual) yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas V SDN Rambipuji 02 Jember ? dan 2) bagaimanakah kemampuan menulis karangan deskriptif setelah dilakukan pembelajaran melalui media penayangan video (audio visual) pada siswa kelas V SDN rambipuji 02 Jember?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media penayangan video (audio visual) yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas V SDN Rambipuji 02 serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan deskriptif setelah dilakukan pembelajaran melalui media penayangan video (audio visual) pada siswa kelas V SDN Rambipuji 02 Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SDN Rambipuji 02 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Rambipuji 02 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang digunakan ada 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini yaitu siswa dapat termotivasi belajar dengan penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru, sehingga memotivasi siswa dalam menulis karangan deskripsi dan akibatnya hasil belajar siswa untuk siklus 1 mencapai rata-rata skor 73,78 dari 32 siswa. Pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar yang hasilnya mencapai skor 78,41 secara klasikal dari 32 siswa. Peningkatan tersebut terjadi disebabkan guru melakukan strategi pembelajaran yang berbeda dibandingkan pada siklus 1 yaitu dengan meminta siswa secara berkelompok untuk mengamati, melihat, menghayati bersama-sama. Tujuannya agar siswa dapat saling berdiskusi, saling memberikan saran dan pendapat pada saat mengamati tayangan video tersebut, sehingga dapat memudahkan siswa dalam mengemukakan ide dan pikirannya dalam mendeskripsikan video yang ditayangkan. Peneliti menyarankan agar guru SD dapat memanfaatkan media pembelajaran yang menarik agar dapat memotivasi semangat belajar siswa; untuk siswa hendaknya lebih bersemangat ketika proses pembelajaran dan mengemukakan idenya agar pengetahuannya bertambah banyak, tidak perlu malu untuk menyampaikan pertanyaan dan pendapat yang dimiliki.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204187;
dc.subjectKEMAMPUAN MENULISen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA VIDEO (AUDIO VISUAL) PADA SISWA KELAS V SDN RAMBIPUJI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record