STRATEGI PEMASARAN KONVEKSI DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PADA UD. MUTIARA LUMAJANG
Abstract
Bisnis konveksi Mutiara Lumajang cukup dikenal sebagai perusahaan
konveksi yang berada di Lumajang-Sukodono. Perusahaan tersebut memberikan
kontribusi yang cukup besar dalam pertumbuhan perekonomian di Kabupaten
Lumajang yang masih di dominasi oleh sektor pengolahan, khususnya pengolahan
berbagai macam produksi pakaian jadi. Hal ini dikarenakan sektor pengolahan
terutama industri pakaian jadi mampu menyediakan lebih banyak lapangan kerja serta
mampu mengurangi angka pengangguran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan
oleh Perusahaan. Penelitian ini dilakukan di UD. Mutiara Lumajang. Adapun dari
penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran konveksi dalam mempertahankan
citra pada perusahaan. Tipe penelitian diskriptif dengan paradigma kualitatif.
Menggunakan dua informan dalam memperoleh data. Teknik analisis yang digunakan
adalah analisis SWOT.
Hasil yang diperoleh selama penelitian adalah Perusahaan Mutiara Lumajang
dicitrakan sebagai perusahaan yang dapat mempertahankan kualitas produk, karena
konsumen akan merasa puas apabila mutu produk yang dihasilkan berkualitas, dapat
mempertahankan kualitas pelayanan, karena konsumen akan merasa puas apabila
mendapatkan pelayanan yang baik sesuai dengan yang diharapkan, dapat
mempertahankan pelanggan, karena dengan semakin ketatnya persaingan maka
perusahaan perlu untuk mempertahankan pelanggannya agar pelanggan tersebut tidak
lari ke perusahaan lain.Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah Kualitas produk
konveksi Mutiara Lumajang berbeda dengan konveksi lainnya, karena meskipun
sama-sama perusahaan konveksi, lebih menekankan pada mutu kualitas produknya
agar tetap dapat bertahan pada segmen pasar meskipun banyak sekali persaingan
konveksi pada saat ini. Selain itu juga ditinjau dengan harga yang terjangkau
sehingga banyak diminati oleh seluruh lapisan masyarakat.